Bawa Beban Segede Gaban, Muatan Ekstrem Motor Ini Mengundang Rasa Prihatin

Suara.com – Seolah tak pernah habis, potret ataupun video eksploitasi terhadap pemotor belakangan kerap membanjiri pengguna media sosial.

Salah satu potret tersebut diunggah oleh akun Instagram @newdramaojol.id, Sabtu (21/11/2020), memperlihatkan seorang pengendara roda dua yang membawa muatan ekstrem.

Dalam potret tersebut, terlihat setidaknya empat karung berukuran ekstra besar yang diikatkan pada motor.

Mirisnya, bentuk motor ini soelah tampak tenggelam tertutupi karung-karung tersebut.

Baca Juga: Fakta Menarik CBR1000RR SP, Harga Fantastis, Performa Jempolan

Pemotor dengan muatan bikin salah fokus. (Instagram)
Pemotor dengan muatan bikin salah fokus. (Instagram)

Hal ini tentu bikin pemotor rugi banyak. Dilihat dari segi teknis, terlalu sering mengangkut beban melebihi batas beban muatan bakal membuat suspensi motor cepat rusak. Tergantung dari tipe motor, rata-rata beban maksimal yang bisa ditampung si kuda besi berkisar antara 110-150 kg, termasuk beban pengendara.

Belum lagi beban ekstra yang ditanggung mesin membuat suku cadang motor ini cepat aus. Belum lagi rem motor tak bakal sepakem lazimnya karena adanya beban ekstra. Namun masih belum berhenti sampai disitu.

Pengangkutan barang dengan bobot berlebih juga membuat pemotor kesulitan menjaga keseimbangan kendaraan sehingga rawan bikin celaka, baik diri sendiri maupun orang lain. Selain itu pemotor bakal rawan kena tilang karena hal ini menyalahi aturan mengenai beban dan dimensi barang muatan yang melebihi dimensi motor.

Tak heran potret ini pun mengundang sederet rasa prihatin dari kalangan pengguna media sosial, seperti pada beberapa komentar berikut ini.

“Semoga abang sama motornya kaga ngapa2,” ujar anak_bangor_aje,

Baca Juga: All New Yamaha NMax 155 Connected Masuk Kategori Standard Upgrade

“Semangat bang, moga aja yg order bisa kasih uang lebih,” kata yuuulii__.

__Posted on
__Categories
Otomotif, Suara