Bukan Asal Jepang, Bajaj Jadi Brand Sepeda Motor Paling Bernilai

Suara.com – Pabrikan otomotif asal India, Bajaj, mencatatkan namanya sebagai merek sepeda motor paling bernilai di dunia.

Hasil ini mencengangkan mengingat nama Bajaj bisa melonjak menggeser nama-nama pabrikan motor dunia, baik dari Amerika Serikat maupun Jepang.

Meskipun nama Bajaj tidak bergaung di Amerika Serikat, namun jejak pabrikan India ini cukup terdongkrak karena brand KTM. Pasalnya, 47,97 persen saham dari KTM AG dimiliki oleh Bajaj.

Sedangkan di luar Negeri Paman Sam, Bajaj telah membuktikan diri sebagai salah satu pabrikan yang patut diperhitungkan. Hadir di 70 lokasi pasar global, Bajaj baru-baru ini memasuki pasar Thailand, dan sedang berusaha masuk ke Brasil.

Baca Juga: KTM Disinyalir Kembangkan Radar untuk Motor, Hadir Tak Cuma di Moge Mahal?

KTM-Bajaj bakal merilis moge baru bermesin 490 cc (Gaadiwaadi)
KTM-Bajaj bakal merilis moge baru bermesin 490 cc (Gaadiwaadi)

Bajaj Auto dalam rilis resmi menyebutkan pihaknya berhasil menjadi pabrikan sepeda motor pertama yang sukses meraup 1 lakh crore rupee atau setara 13,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Artinya, Bajaj memiliki total nilai saham tertinggi dibandingkan pabrikan motor lain.

“Fokus perusahaan pada kategori sepeda motor dan komitmen teguh terhadap strategi diferensiasi serta praktik TPM (Total Productive Maintenance) yang dikombinasikan dengan ambisi global saat ini menjadikan Bajaj sebagai perusahaan roda dua paling berharga di seluruh dunia,” jelas ujar Rajiv Bajaj, Direktur Pelaksana Bajaj Auto, seperti dikutip dari RideApart.

Bajaj Auto telah memproduksi sepeda motor bak kacang goreng di fasilitas produksi di Chakan, Waluj, dan Pantnagar dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun memiliki teknologi yang memadai dan proses manufaktur yang cukup efisien, Bajaj tetap terus berinovasi dan mulai mendirikan pabrik keempat di Chakan dengan investasi senilai 89 juta dolar AS.

Selanjutnya, pabrik baru mereka akan memproduksi sepeda motor brand KTM dan Husqvarna, serta Triumph.

Benar bukan, nama-nama pabrikan motor kondang pun sudah dipinang Bajaj. Tak heran bila namanya ikut meroket sebagai yang paling bernilai.

Baca Juga: Best 5 Oto: Chacha Sherly Anak Supra X 125, Razia Knalpot Motor

__Posted on
__Categories
Otomotif, Suara