Cegah Corona, RS Omni Gunakan Alat Khusus untuk Cuci Pakaian dan Alas Tidur Pasien

Merdeka.com – Cegah Corona, RS Omni Gunakan Alat Khusus untuk Cuci Pakaian dan Alas Tidur PasienOmni Hospital Alam Sutera, Tangerang Selatan, memanfaatkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dalam pengelolaan laundry dan linen di lingkungan rumah sakit. Pemanfaatan teknologi terbaru pada ini diyakini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Terlebih rumah sakit semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak hal yang harus dibenahi oleh manajemen rumah sakit selain protokol kesehatan dengan menjaga jarak, sterilisasi ruangan yang menjadi fokus rumah sakit. Maka manajemen pengelolaan laundry baik itu pakaian maupun alas tidur yang digunakan pasien juga harus terjamin kesterilannya,” ungkap Maria Theresia Yulita, Presiden Direktur RS Omni Grup, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan, Sabtu (21/11).

Diterangkan Maria, teknologi RFID yang diproduksi oleh MDT Innovation tersebut, akan diterapkan di seluruh jaringan Rumah Sakit Omni. Omni Hospital Alam Sutera lanjut dia juga menjadi Rumah sakit pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi tersebut.

“Kami berharap teknologi RFID ini dapat mengefisiensikan pengelolaan bahan linen dan potensi penularan penyakit infectius di Rumah Sakit Omni. efisiensi dari segi pengurangan penggunaan APD, dan mengurangi dari resiko infectius dari sentuhan saat melaundri, karena tidak akan dibuka kembali dari plastik kemasannya itulah yang diharapkan,” terang dia.

Presiden direktur PT Indo Dwi Sentosa selaku pemilik paten RFID untuk sistem laundry dan linen di Indonesia, Devira Rose, menerangkan bahwa alat RFID untuk pengelolaan bahan kain di rumah sakit memiliki banyak kelebihan. Di antaranya bisa tahan panas sampai 170 derajat celsius dan dapat tahan dicuci hingga 2.000 kali.

“Alat ini dapat tahan panas hingga 170 derajat celsius dan washable ketahanan dicuci hingga 2.000x cuci,” ucap Devira Rose.

Dijelaskan dia, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran infeksi Covid-19 di rumah sakit, OMNI Hospitals adalah RS pertama yang menerapkan teknologi canggih dalam pengelolaan laundry dan linen dengan menggunakan teknologi RFID. [cob]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum