Cikarang Dry Port Kembangkan Logistik Ramah Lingkungan

CIKARANG Dry Port (CDP), sebuah pelabuhan darat umum di Indonesia bekerja sama untuk mengembangkan solusi logistik ramah lingkungan dengan penyedia layanan ekspansi pasar terkemuka, DKSH Indonesia. Dengan kerja sama ini, Cikarang Dry Port akan menyediakan layanan logistik ekspor impor maupun distribusi domestik bagi DKSH serta para kliennya. 

Telah melakukan ekspor impor melalui Cikarang Dry Port sejak 2015, DKSH  tertarik menggunakan layanan kereta api peti kemas baik untuk kegiatan ekspor impor maupun distribusi domestik agar rantai pasok DKSH menjadi lebih efisien dan lebih ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan visi DKSH untuk mengurangi jejak karbon dalam logistik selama tiga tahun belakangan ini.

Sebelumnya, kedua belah pernah melakukan trial pengiriman. Pada November 2019,CDP melakukan pengiriman bahan baku berkualitas tinggi ke Surabaya. Dan pengiriman tersebut berjalan lancar hingga saat ini. Untuk selanjutnya, PT. Wicaksana, anak usaha DKSH di Indonesia akan mulai menggunakan Cikarang Dry Port untuk pengiriman barang konsumen dan produk kesehatan, mengintegrasikan manajemen rantai pasok terpadu bagi kedua unit usaha DKSH di Indonesia.

Hal itu dimungkinkan karena Cikarang Dry Port secara strategis menghubungkan zona industri di koridor timur Jakarta ke pelabuhan laut Tanjung Priok dan Surabaya. Baik melalui jalur kereta api maupun jalan tol lintas Jawa. Hal ini menjadikan Cikarang Dry Port sebagai pilihan ideal baik untuk kegiatan ekspor impor maupun distribusi domestik bagi industri di sekitarnya.

baca juga: PTPN V Perkuat Produktivitas Petani Sawit

Benny Woenardi, Managing Director Cikarang Dry Port mengaku senang dengan prospek kerjas sama antara salah satu anak perusahaan Jababeka Group dengan DKSH ini. 

“Kami sangat berterima kasih dan menghargai kerja sama dengan DKSH ini. Kami harap kerja sama ini dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kami di Cikarang Dry Port akan menyediakan layanan logistik yang efisien dan dapat diandalkan melalui fasilitas terpadu kami bagi bisnis berskala global yang dibawa oleh DKSH,” terangnya, di Cikarang Dry Port, Cikarang dalam keterangan tertulis, Kamis (19/11).

Hal senada juga disampaikan oleh Tay Lim Pin, Head, Country Management dari DKSH Indonesia. Menurutnya Ia mengatakan kerja sama ini akan terus dikembangkan di masa mendatang dengan memiiki satu pemahaman yang sama. 

“Yaitu mengembangkan operasional yang ramah lingkungan di pasar Indonesia,” tutupnya. (RO/OL-3)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum