Duh, Virgin Galactic Tunda Peluncuran Uji SpaceShipTwo

Suara.com – Perusahaan penerbangan luar angkasa Inggris-Amerika, Virgin Galactic, menunda peluncuran uji awak ketiga dari pesawat antariksa VSS Unity.

Sebelumnya, ditargetkan lepas landas dari Spaceport America di New Mexico antara 19 dan 23 November. Penyebab penundaan ini karena dampak dari lonjakan infeksi virus Corona (Covid-19).

VSS Unity adalah kendaraan SpaceShipTwo terbaru dari Virgin Galactic, sebuah pesawat enam penumpang dan dua pilot yang dirancang untuk melakukan perjalanan singkat ke ruang suborbital. Pesawat ini dirancang untuk mengangkut wisatawan ke luar angkasa.

“Dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan anggota tim kami, serta sesuai dengan arahan baru-baru ini dari Departemen Kesehatan New Mexico, kami akan meminimalkan operasi kami semaksimal mungkin. Pembatasan baru ini menyebabkan kami menyesuaikan jadwal penerbangan,” kata Michael Colglazier, CEO Virgin Galactic, seperti dikutip Space.com, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: 5 Misi Luar Angkasa yang Akan Terjadi Sepajang 2020

Virgin Galactic. [Screenshot]
Virgin Galactic. [Screenshot]

Colglazier menambahkan bahwa jeda ini akan dimanfaatkan sebagai masa tenang dan bersiap untuk melanjutkan prosedur pra-penerbangan, serta mengumumkan jadwal uji penerbangan baru secepat mungkin.

SpaceShipTwo direncanakan lepas landa dari landasan pacu dengan bantuan pesawat pengangkut bernama WhiteKnightTwo. Pada ketinggian 15.000 meter, SpaceShipTwo akan jatuh bebas dan menuju ruang orbital.

Unity sendiri telah mencapai luar angkasa dua kali hingga saat ini, pada penerbangan uji coba yang dilakukan Desember 2018 dan Februari 2019. Kedua misi tersebut lepas landas dari Mojave Air and Space Port di tenggara California.

Penerbangan luar angkasa ketiga yang akan datang menjadi yang pertama dibuat oleh Unity dari Spaceport America, pusat operasi komersial perusahaan. Menurut Colglazier, ini akan menjadi penerbangan luar angkasa manusia pertama yang dilakukan dari New Mexico.

Perusahaan mengatakan, sekitar 600 orang telah membeli tiket untuk naik SpaceShipTwo, dengan harga terbaru 250.000 dolar AS atau sekitar Rp 3,5 miliar per kursi. Virgin Galactic menghentikan penjualan tiket beberapa waktu lalu, tetapi berencana menjualnya kembali tahun depan.

Baca Juga: Demi Wisata ke Luar Angkasa, Perempuan Ini Rogoh Kocek Rp 3,4 Miliar

Menurut perwakilan Virgin Galactic, perusahaan saat ini sedang membangun dua kendaraan SpaceShipTwo lagi dan salah satunya dijadwalkan akan diluncurkan dari pabrik pada awal 2021.

__Posted on
__Categories
Infotek, Suara

Leave a Reply