Enam Penyu Belimbing Bertelur di Yenbekaki Sepanjang 2020

Penyu belimbing dikenal juga sebagai penyu raksasa penjelajah dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG — Masyarakat Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mencatat ada enam induk penyu belimbing mendarat dan bertelur di daerah tersebut sepanjang 2020. Jenis penyu itu juga dikenal sebagai penyu raksasa penjelajah dunia.

Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor mengatakan bahwa penyu tersebut mendarat dan bertelur di Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki berkisar Maret-Juli 2020. Pantai di Raja Ampat tersebut sejak dulu merupakan salah satu tempat penyu belimbing dewasa naik ke darat pada masa bertelur untuk meletakkan telurnya.

Selama masa penyu bertelur, menurut Yusuf, masyarakat Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki menjaga kawasan Pantai Warebar. Dengan begitu, sarang penyu langka itu terhindar dari predator yang mengincar telur penyu.

“Terutama dari hewan peliharaan seperti anjing, dan juga hewan liar di alam seperti ular, babi hutan, dan biawak yang senang memburu telur penyu,” ujarnya di Waisai, Rabu.

sumber : Antara
__Posted on
__Categories
Republika, Umum