Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 20 Orang, Satu Meningga

SATUAN Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten  Klaten, Jawa Tengah, Jumat (20/11) mengumumkan kasus positif bertambah 20 orang, satu di antaranya meninggal dunia. Namun, kali ini terdapat 19 pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. Sementara itu, dengan penambahan kasus positif baru jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten meningkat menjadi 1.465 orang. Sebanyak 1.041 di antaranya sembuh, 373  menjalani perawatan di rumahsakit atau isolasi mandiri, dan 51 orang meninggal dunia.

“Kasus covid-19, Jumat (20/11), positif bertambah 20 orang, satu meninggal dunia. Sedangkan pasien yang sembuh dan diperbolehkan pulang hari ini sebanyak 19 orang,” kata Cahyono Widodo, Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Klaten.

Dijelaskannya, penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19, berasal dari Kecamatan Wonosari, Trucuk, Cawas, Klaten Utara, Ngawen, Klaten Tengah, Ceper, dan Tulung. Pasien sembuh dari Karanganom, Jatinom, Kebonarum, Polanharjo, Prambanan, Trucuk, dan Kalikotes.

baca juga: Tegakkan Protokol 3M di Pengungsian Merapi

Menurut Cahyono, dari penambahan 20 orang terkonfirmasi positif, delapan di antaranya terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten, empat dimungkinkan tertular ketika berada di luar daerah, dan delapan orang lainnya kontak erat kasus positif covid-19 sebelumnya.

“Adapun 19 pasien positif covid-19 yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang setelah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis, mereka tetap diharuskan untuk melakukan isolasi di rumah minimal selama tujuh hari, agar benar-benar sehat,” ujarnya.

Untuk menekan laju pertambahan kasus positif, Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten mengimbau agar masyarakat meningkatkan disiplin mematuhi protokol kesehatan. Selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan sabun, serta terapkan pola hidup bersih dan sehat. (OL-3)

 

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum