KPK Sebut Kapolda Metro Jaya Baru Belum Lapor Harta Kekayaan

KOMISI Pemberantasan Korupsi menyebut Kapolda Metro Jaya yang baru dilantik hari ini, Irjen Mohammad Fadil Imran, belum melaporkan harta kekayaannya. Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas juru bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding.

“Berdasarkan data pada laman e-LHKPN, yang bersangkutan belum menyampaikan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)-nya kepada KPK,” kata Ipi melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11).

Fadil sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Timur dengan demikian termasuk dalam kelompok pejabat negara yang berkewajiban menyampaikan LHKPN kepada KPK.

Menurut Ipi, KPK selalu mengingatkan penyelenggara negara untuk melaporkan harta kekayaannya secara periodik. Pelaporan tersebut, lanjutnya, sebagai bagian penting dari upaya pencegahan korupsi.

“UU No 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN mewajibkan penyelenggara negara untuk bersedia melaporkan dan mengumumkan kekayaannya sebelum dan setelah menjabat, juga diperiksa kekayaannya sebelum, selama, dan setelah menjabat,” tandasnya.

Kapolri Jenderal Idham Azis mengganti Kapolda Metro Jaya buntut dari kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat, saat Rizieq Shihab menyelenggarakan acara Maulid Nabi Muhammad sekaligus menikahkan anaknya. Jabatan Kapolda Metro Jaya sebelumnya diisi oleh Irjen Nana Sujana. (P-2)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum