Lagi, Yamaha TMAX Kena Recall di Indonesia

Suara.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Senin (4/1/2020) mengumumkan penarikan kembali atau recall Yamaha TMAX di Tanah Air. Recall dilakukan terkait fungsi cruise control dan sinyal lampur rem.

Dalam pengumuman resmi yang diunggah di website resminya, Yamaha Indonesia mengatakan bahwa recall Yamaha TMAX itu merupakan bagian dari misi untuk terus memberikan produk terbaik dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan.

“Yamaha menemukan bahwa diperlukan adanya suatu pemeriksaan lanjutan pada komponen Front Stop Switch (BC3-83980-00) berkaitan dengan fungsi cruise control dan sinyal lampu rem,” tulis Yamaha dalam pengumumannya tersebut.

Lebih lanjut Yamaha mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan penggantian komponen Front Stop Switch tanpa dikenakan biaya. Meski demikian merek asal Jepang itu tak merinci berapa jumlah TMAX di Indonesia yang terdampak recall ini.

Baca Juga: Adu Banteng di Bali, Yamaha Nmax sampai Terbelah Dua

Yang dicantumkan dalam pengumannya hanya nomor-nomor rangka Yamaha TMAX yang di-recall akibat adanya masalah pada komponen front stop switch tersebut. Unit yang kena recall dalam program kali ini adalah yang memiliki nomor rangka JYASJ1450J00138011 sampai JYASJ1450J0016880.

Pada Februari 2019 Yamaha TMAX di Indonesia juga pernah recall. Ketika itu penarikan kembali dipicu masalah pada belt (berkenaan dengan transmisi energi) dan ECU (berkenaan dengan fungsi kontrol).

“Pada komponen Belt, pabrikan akan melakukan penggantian terhadap komponen tersebut. Sedangkan untuk komponen ECU akan dilakukan pemrograman ulang guna meningkatkan kinerja mesin,” demikian bunyi keterangan Yamaha saat itu.

Saat itu Yamah juga tak membeberkan jumlah motor yang kena recall, tapi hanya berpatokan pada nomor rangka. Mereka yang motornya kena imbas juga bisa memperbaiki motornya tanpa biaya.

Baca Juga: Tingkatkan Pemasaran CBU, Yamaha Siapkan Program Khusus TMAX DX

__Posted on
__Categories
Otomotif, Suara