Menanti berkah akuisisi Pinehill pada kinerja Indofood CBP (ICBP) di tahun ini

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pertumbuhan penjualan mi instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berpotensi meningkat di tahun ini. Ini terjadi karena perusahaan mendapat sokongan penjualan dari Pinehill Company Limited (PCL). 

Analis pun memperhitungkan, kondisi keuangan ICBP tetap stabil meski terbeban biaya akuisisi saham PCL. 

Seperti diketahui, Agustus lalu, ICBP berhasil mengakuisisi PCL dengan nilai US$ 3 miliar. PCL memiliki 12 fasilitas produksi mi instan berkapasitas produksi lebih dari 10 miliar bungkus mi instan dan tersebar ke delapan negara dengan total populasi 550 juta orang. 

Rendy Wijaya, Analis Panin Sekuritas memproyeksikan, di tahun 2021, kinerja ICBP tumbuh karena mendapat bantuan kontribusi dari PCL. 

Baca Juga: Pembatasan kegiatan di Jawa-Bali diterapkan pekan depan, begini dampaknya ke IHSG

“Segmen mi instan akan berpotensi meningkatkan kontribusi pendapatan anggota indeks Kompas100 ini, dan menjadi pendorong pertumbuhan kinerja solid di sepanjang tahun ini,” kata dia.

Kompak, dalam risetnya, Willy Goutama, Analis Maybank Kim Eng Sekuritas memprediksi, PCL akan menyokong pertumbuhan penjualan ICBP sebesar 32% secara tahunan atau setara Rp 12 triliun di tahun 2021. Proyeksi pertumbuhan tersebut didukung dari kenaikan penjualan di kisaran 15%-20% dari 18 pasar baru ICBP. 

Willy juga memproyeksikan average selling price (ASP) naik 15% secara tahunan di 2021 karena mendapat sokongan PCL yang menjadi market leader di wilayahnya. Ebit margin PCL juga diprediksi Willy naik ke 28% di tahun ini seiring pelebaran skala operasi bisnis mereka. 

Dia menambahkan, prospek perbaikan ekonomi yang terjadi secara global di tahun ini juga mendukung pertumbuhan penjualan ICBP. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan