Pertamina Sabet 24 Penghargaan Indonesian CSR Awards 2020

Pertamina berhasil meraih penghargaan tertinggi Platinum sebanyak 10 penghargaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pertamina Group berhasil menyabet 24 penghargaan pada Indonesian CSR Awards 2020. Pertamina berhasil meraih penghargaan tertinggi yakni Platinum sebanyak 10 penghargaan, 13 Gold dan 1 Silver.  Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum CFCD (Corporate Forum for Community Development), Thendri Supriatno didampingi oleh Steering Commitee ICA 2020 pada acara Awarding Night di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat lalu.

Pjs. Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan penghargaan ini diberikan kepada Pertamina karena telah berkontribusi dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berbasis ISO 26000 melalui pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi dalam rangka pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

“Pertamina terus melakukan inovasi secara berkelanjutan dalam menjalankan Program CSR dan Bina Lingkungan agar memiliki dampak besar bagi masyarakat. Harapannya dengan pemberdayaan secara berkelanjutan bisa melahirkan kehidupan masyarakat yang lebih mandiri dan lebih sejahtera,” terang Heppy.

Heppy menambahkan, beberapa anak usaha yang berhasil meraih penghargaan platinum adalah Pertagas (3 Platinum), Pertamina EP (3 Platinum), Badak LNG (3 Platium) dan Pertamina Hulu Energi (1 Platinum). Sementara anak usaha dan unit operasi yang berhasil meraih Gold adalah Pertamina Hulu Mahakam (3 program), Pertagas (3 program), Pertamina EP (2 program), Pertamina Hulu Sanga Sanga (2 program), PHE (1 progam), Badak LNG (1 program), dan Refinery Unit II Dumai (1 program). Sedangkan penghargaan Silver diraih oleh Refinery Unit II Sei Pakning (1 program).

Tiga penghargaan Platinum yang diraih Pertagas, lanjut Heppy, adalah Kategori Lingkungan dengan program “Asman Toga Melati” (Operation South Sumatera Area), Kategori CID untuk program “Kampung Ikan Asap (Kelompok Pengasap Ikan, Sidoarjo)” (Operation East Java Area), dan Kategori CID program “Pemberdayaan Wanita Mandiri melalui Kampung Batik Ecoprint” (Operation Kalimantan Area).

Sementara penghargaan 3 Platinum yang diraih Pertamina EP meliputi Asset 5 Tarakan Field dengan programnya “Lebah Enbarter, Layanan Edukasi, Ekologi, Ekonomi Berbasis Sampah dan Pemanfaatan Limbah untuk Energi Baru Terbarukan”. Kedua, Asset 1 Rantau Field dengan programnya “Siekula Aneuk Nanggroe – Magnet Edukasi di Kawasan 3T” serta ketiga, Asset 1 Jambi Field dengan program unggulannya “Kampung Bersinar (Bersih dari Narkoba), Pengembangan Perekonomian, Budaya, Pendidikan Bersih dari Narkoba”.

Badak LNG yang juga meraih 3 Platinum untuk program “Konservasi In-situ Ekosistem Mangrove”, “Sinergi Pemanfaatan Limbah Non B3 untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat pada Program Kampung Masdarling” dan “Bontang Kuala Ecotourism”. Sedangkan Pertamina Hulu Energi (PHE) berhasil meraih penghargaan Platinum untuk program “Ekowisata Mangrove Labuhan”.

“Penghargaan ini diharapkan akan terus memotivasi Pertamina Group di seluruh anak usaha dan unit operasi untuk terus meningkatkan pengabdiannya kepada bangsa, negara dan masyarakat melalui Program CSR yang inovatif dan berkelanjutan,” imbuh Heppy.

Ketua Umum CFCD 2020-2023, Thendri Supriatno mengatakan penghargaan ICA 2020 merupakan apresiasi bagi perusahaan yang telah menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan sehingga memberikan dampak positif kepada lingkungan di sekitarnya.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga kemenangan ini dapat memberikan inspirasi bagi perusahaan lainnya,” ujarnya.

__Posted on
__Categories
Republika, Umum