Pesan Bisa Dibaca Nanti, WhatsApp Akan Rilis Fitur Read Later

Suara.com – WhatsApp dilaporkan sedang melakukan uji coba fitur Read Later sebagai pengganti Archived Chats. Fitur ini merupakan versi yang ditingkatkan dari Archived Chats.

Pada Archived Chats, obrolan yang diarsipkan di WhatsApp berfungsi seperti email. Obrolan itu tidak dihapus dan tidak terlihat atau hilang, sampai pihak lain mengirimi pengguna pesan lagi.

Read Later bekerja dengan cara yang sama, tetapi itu akan otomatis mematikan semua pemberitahuan, ketika pihak lain mengirimi pesan sehingga obrolan akan tetap diarsipkan.

Dilansir Android Central, Jumat (20/11/2020), pengguna akan dapat memeriksa bagian Read Later secara manual untuk melihat apakah ada pemberitahuan lain dari pengirim pesan.

Baca Juga: Awas! Akun WhatsApp yang Sering Kirim Berita Bohong Bisa Diblokir

Fitur baru WhatsApp, Read Later. [Wabetainfo]
Fitur baru WhatsApp, Read Later. [Wabetainfo]

Menurut laporan WABetainfo, pengguna akan melihat sel Read Later di daftar obrolan. Setelah membuka Read Later, WhatsApp menghadirkan banner baru untuk menjelaskan peningkatan.

Pendahuluan ini menjelaskan bahwa obrolan yang diarsipkan akan selalu ada di kolom arsip untuk mengurangi gangguan. Tetapi WhatsApp juga memperkenalkan tombol Edit di bagian Read Later.

Fitur baru WhatsApp, Read Later. [Wabetainfo]
Fitur baru WhatsApp, Read Later. [Wabetainfo]

Dengan tombol Edit tersebut, pengguna dapat melakukan dua tindakan. Pertama, pilih Chats atau obrolan di mana pengguna dapat memilih lebih banyak obrolan sekaligus untuk membatalkan pengarsipan. Kedua, Edit Archive Settings yang berfungsi untuk mengubah cara kerja obrolan yang diarsipkan.

Saat ini, uji fitur Read Later baru hanya tersedia di iOS versi beta. Facebook diharapkan untuk meluncurkan fitur tersebut di kedua platform secara bersamaan.

Baca Juga: Lawan Hoaks, WhatsApp Luncurkan Kampanye ABC

__Posted on
__Categories
Infotek, Suara

Leave a Reply