Salah Satu Calon Bupati Indramayu Positif Covid-19

SALAH satu calon bupati (cabup) Indramayu, Daniel Mutaqien Syafiuddin, terkonfirmasi positif covid-19. Tracing tengah dilakukan terhadap siapa saja yang pernah kontak erat dengannya.

Juru bicara (jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menjelaskan  Daniel diduga terpapar melalui transmisi lokal. “Saat ini yang bersangkutan sudah menjalani karantina di RSUD Indramayu,” ungkap Deden, Minggu (22/11). Daniel harus menjalani isolasi di RSUD Indramayu karena ada sedikit gejala pilek.

Pascaterpaparnya salah satu cabup itu saat ini pihaknya akan melakukan tracing sesuai kriteria kontak erat yang ada di buku Pedoman Revisi 5 tentang penanganan covid-19. Kriteria kontak erat yaitu orang yang berada enam kaki atau 1,8 meter dari orang terinfeksi selama waktu kumulatif 15 menit atau lebih dalam durasi 24 jam.

Waktu kontak erat dihitung mulai dari dua hari sebelum muncul gejala hingga pasien diisolasi. Pada pasien asimptomatik atau tidak bergejala, dihitung dua hari sebelum spesimen diperiksa.

Saat ini, lanjut Deden, pihaknya tengah menginventarisasi orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien. “Memang ada kesulitan. Karena
kami harus mencari pergerakan yang lebih mobile dan memilah sesuai dengan definisi kontak erat tersebut,” ungkap Deden.

Dalam video yang beredar dengan durasi 1 menit 2 detik, Daniel membenarkan dirinya terkonfirmasi positif covid-19 semalam. Bahkan Daniel juga membenarkan dirinya kini tengah menjalani isolasi di RSUD Indramayu.

Pada video tersebut Daniel juga meminta kepada semua relawan, simpatisan, dan pendukungnya untuk tetap semangat dan mengawal kemenangan Daniel-Taufik (Mantap). Tim media dan publikasi cabup Daniel, Pradesta Bagus menambahkan bahwa Daniel terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang dilakukan tiga hari yang lalu. “Secara fisik, Daniel dalam kondisi sehat,” ungkap Bagus.

Bahkan, menurut Bagus, Daniel rutin melakukan swab dua minggu sekali dan selama kampanye tertib menjalankan protokol kesehatan. Bagus juga memastikan semua tim yang dekat dengan Daniel dalam kegiatan sehari-hari juga akan menjalani pemeriksaan swab.

Sambil menuggu swab, saat ini mereka melakukan isolasi mandiri. Seperti diketahui, Pilkada Serentak Kabupaten Indramayu akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Ada empat pasangan calon yang bertarung dalam pilkada tersebut. Mereka ialah Muhammad Sholihin-Ratnawati (nomor urut 1) yang diusung PKB, Demokrat, PKS, dan Hanura; Toto Sucartono-Deis Handika (nomor urut 2) yang merupakan calon independen; Daniel Mutaqien Syafiuddin-Taufik Hidayat (nomor urut 3) yang diusung Partai Golkar; serta Nina Agustina-Lucky Hakim (nomor urut 4) yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, dan Nasdem. (OL-14)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum