Sambangi Kantor BPPTKG Yogyakarta, Kepala BNPB Pantau Gunung Merapi

Merdeka.com – Kepala BNPB, Doni Monardo menyambangi Kantor BPPTKG Yogyakarta, Kamis (19/11). Dalam kunjungannya ini, Doni memantau perkembangan terkini Gunung Merapi usai dinaikkan statusnya menjadi siaga atau level III.

Doni dalam kunjungannya mengapresiasi kinerja, peran dan fungsi BPPTKG sebagai bagian dari tim intelijen BNPB dalam kaitannya penyelidikan dan pengembangan teknologi bencana geologi.

“Ini yang perlu kita ketahui. BPPTKG ini adalah tim intelijen kami. Jadi dalam kebencanaan kita juga butuh intelijen informasi,” kata Doni.

Doni menerangkan hasil dari informasi yang didapat olrh dari tim BPPTKG, PVMBG dan Badan Geologi kemudian diteruskan ke pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, TNI/Polri serta sejumlah instansi terkait termasuk para relawan bencana alam.

“Setelah data dan informasi dari BPPTKG didapatkan, maka seluruh komponen tersebut akan fokus ke wilayah yang berpotensi terdampak, sesuai dengan skala prioritas. Dengan demikian langkah-langkah kita harus mengarah kepada aspek prioritas,” papar Doni.

Doni menuturkan pihaknya berharap bahwa melalui pengolahan data dan informasi yang akurat, maka pemerintah dapat segera mengambil langkah cepat untuk upaya mitigasi maupun penanganan darurat bencana.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan informasi yang cukup, yang banyak dan saya yakin semakin hari canggih peralatan yang kita miliki dan semakin akurat prediksi-prediksi yang disampaikan,” ungkap Doni. [eko]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum