Silakan Dicoba, 5 Tips Atasi Masalah Laptop Lelet

JAKARTA – Kita suka dibikin susah ketika laptop tidak berproses secara cepat atau lelet atau lemot.

Metode ini perlu diketahui oleh pengguna laptop karena seiring dengan berjalannya waktu, perangkat bisa menjadi lambat. Meningkatnya penggunaan dan lebih banyak file yang diunduh dan dipasang memang bisa menjadi salah satu penyebab laptop berjalan lambat.

Pasalnya, tekanan yang lebih besar ditempatkan di memori terbatas laptop dan kapasitas hardware lainnya. Laptop yang melambat adalah masalah bagi pekerja. Bila Anda ingin coba mengatasi laptop lemot ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur mesin.

Penasaran seperti apa? Berikut ini cara mengatasi laptop lemot sebagaimana dikutip dari ITPro, Rabu (6/2/2021).

1. Hapus Program yang Tak Terpakai

Internet penuh dengan alat dan utilitas bermanfaat yang dapat diunduh untuk menyelesaikan berbagai tugas. Tapi, aplikasi ini cenderung menumpuk seiring waktu. Sangat mudah untuk membuat banyak koleksi program di hard drive Anda yang tidak benar-benar Anda gunakan lagi, dan ini sering kali dapat menyebabkan laptop terasa lebih lambat dalam penggunaan sehari-hari.

Coba lihat dan pilih program mana saja yang sudah tidak terpakai di laptop Anda. Setelah itu, hapus program atau aplikasi yang tidak terpakai dari perangkat laptop Anda.

(Baca juga: Yuk, Main 5 Game Jadul di Ponsel yang Masih Bikin Nagih!)

2. Singkirkan Bloatware

Bukan hanya komputer lama yang dapat mengalami latensi. Komputer baru juga bisa mengalami latensi dan itu sering kali tergantung pada produsen bloatware yang menginstal sebelumnya di laptop mereka. Ini terkadang mengambil bentuk perangkat lunak dan layanan pabrikan sendiri.

Tapi ada juga yang dapat mencakup aplikasi pihak ketiga yang sudah terpasang sebelumnya sebagai bagian dari kesepakatan distribusi komersial antara pabrikan dan vendor perangkat lunak. Apakah Anda menyebutnya sebagai bloatware, crapware, atau PUP (program yang mungkin tidak diinginkan), perangkat lunak yang tidak diinginkan ini benar-benar dapat memperlambat komputer.

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply