Tahap Pertama, DIY Peroleh 26.800 Vaksin Sinovac

Merdeka.com – Pemda DIY akan mendapatkan jatah vaksin Sinovac dari pemerintah pusat dalam empat tahap. Untuk tahap pertama, ada 26.800 vaksin yang akan diterima.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan, untuk tahap pertama vaksin kiriman dari pemerintah pusat akan tiba pada Selasa (5/1). Sementara untuk vaksinasi akan dijadwalkan dilakukan pada 14 Januari mendatang.

“Perkirakan di sini untuk pengiriman vaksin sampai di DIY itu kita perkirakan besok tanggal 5 Januari (untuk tahap pertama). Total empat tahap itu ada 2.605.179 vaksin,” katanya di Yogyakarta, Senin (4/1).

Dia menuturkan, Pemda DIY saat ini sudah mendata penerima 25.340 vaksin untuk tahap pertama. Di tahap pertama ini vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Sementara untuk tahap dua, Pemda DIY akan menerima 555.290 vaksin. Nantinya di tahap dua akan diprioritaskan untuk tenaga pelayanan publik.

Bagi penerima vaksin yang berusia di atas 60 tahun, akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut dan disertai mekanisme skrining yang memenuhi syarat.

Sementara untuk tahap ketiga, Pemda DIY akan memeroleh 995.353 vaksin dengan sasaran untuk masyarakat kelompok rentan. Tahap terakhir 1.067.912 untuk pelaku ekonomi esensial dan masyarakat lainnya.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi kita jadwalkan kira-kira tanggal 14 Januari. Simbolis pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Untuk ini (vaksinasi) perlu ada kesiapan dimulai nanti tanggal 7 (Januari) pendidikan, pelatihan, dan sebagainya,” tutup Sultan. [fik]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum