Tahukah Kamu Arti Simbol Angka di Kemasan Plastik? Ini Penjelasannya

JIKA membeli sebuah produk, di bagian kemasan terdapat barcode serta simbol seperti segitiga yang di tengahnya ada angka satu digit. Simbol segitiga itu berupa tanda panah yang dikenal luas sebagai daur ulang. Namun, pernahkah Anda tahu maksud angka satu digit itu?

Baca juga:

Business Insider membantu menjelaskan banyak hal tentang itu. Tanda tersebut merupakan Kode Identifikasi Resin (RIC) dan angka tersebut menunjukkan jenis plastik apa yang digunakan untuk wadah tersebut. Demikian dikutip dari Mental Floss, Kamis (19/11/2020).

Angka “1” misalnya, merupakan polietilen tereftalat yang biasanya ditemukan pada botol minuman soda dan stoples selai kacang.

Polietilen dengan densitas tinggi ditandai dengan angka “2”, artinya plastik yang mampu menampung produk yang lebih berat seperti satu galon susu atau detergen.

Baca juga: Ini Cara Angsa Tahu Terbang ke Selatan Selama Musim Dingin 

Polietilen dengan tingkat densitas rendah “4” cukup tipis yang biasanya ditemukan pada tas belanjaan atau pembungkus kecil.

Angka seri “7” menunjukkan campuran plastik yang digunakan. Kode ini membantu pusat daur ulang untuk menyortir kemasan plastik.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply