Telkomsel Siapkan Ekosistem Digital Bagi Pelaku UMKM di Indonesia

JAKARTATransformasi digital menjadi kunci perkembangan dan inovasi UMKM di Indonesia. Saat ini 70 persen masyarakat Indonesia sudah beralih ke transaksi yang berbasis online. Hal tersebut disampaikan oleh Co Founder PTS.SC, Adrian Gilrandy.

Meskipun begitu, faktanya UMKM Indonesia memiliki tingkat digitalisasi sangat rendah. Data menunjukkan kurang dari 10 persen yang telah bertransformasi digital dengan baik. Ini membuat UMKM sulit untuk tumbuh.

“Tantangan UMKM semakin sulit di masa depan. Belum lagi pandemic COVID-19 yang mempengaruhi perkembangannya. Di sinilah pentingnya transformasi digital bagi pelaku bisnis,” kata Adrian dalam acara FFest Telkomsel secara virtual, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Pertumbuhan E-Commerce Tahun Ini Meningkat Tajam di Indonesia 

Adrian juga menjelaskan 90 hingga 95 persen produk yang diperjualbelikan di e-commerce lokal adalah produk impor. Hal ini semakin diperburuk dengan adanya COVID-19 di tahun 2020. Transformasi menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnisnya. 70 persen masyarakat Indonesia sudah beralih ke transaksi yang berbasis online.

Senada dengan Adrian, VP Corporate Communications Telkomsel, Deni Abidin mengatakan salah satu target dan solusi ke depannya dengan membuat ekosistem digital yang baik di Indonesia. Adanya prinsip kolaborasi digital menjadi wadah bagi pengusaha UMKM untuk menjajal bisnis online yang dapat memberi dampak berkelanjutan di masa depan.

Telkomsel melalui Digital Creative Milenialls memberikan konektivitas brand. Berbicara mengenai platform, pihak perusahaan bekerja sama dengan berbagai brand untuk menciptakan digitalisasi bisnis. Dengan begitu, setiap brand bisa berkembang bersama-sama.

(amr)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply