Tingkatkan Keamanan Password, Microsoft Buat Fitur Autentikasi Dua Sisi

MELALUI kemajuan teknologi yang makin canggih, membuat segala suatu dapat dengan mudah diakses. Hal ini ternyata dimanfaatkan juga oleh para peretas dalam menjalankan aksi kejahatannya di dunia maya.

Cukup banyak jenis peratasan dan penyalahgunaan data yang terjadi melalui jaringan internet. Ini menjadi penting dalam mendorong pengguna memilih kata sandi (password) yang kuat untuk menjaga akunnya tetap aman. Namun dengan membuat kata sandi rumit, seringkali pengguna akan lupa dan merepotkan diri sendiri.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun WhatsApp agar Tidak Dibajak 

Melihat hal tersebut, Microsoft akan membantu penggunanya untuk lebih meningkatkan keamanan akun dengan menghadirkan fitur pengelola kata sandi yaitu Microsoft Authenticator.

Microsoft Authenticator adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna membuka akun melalui autentikasi dua sisi. Hal ini menambahkan lapisan keamanan ekstra di atas kata sandi pengguna yang biasa.

Ilustrasi peretasan. (Foto: Kevin Ku/Unsplash)

Jika ada peretas yang ingin mencoba menebak kata sandi pengguna, mereka masih tidak akan dapat masuk ke akun pengguna kecuali diverifikasi melalui aplikasi Authenticator. Demikian dilansir dari Ubergizmo, Senin (16/11/2020).

Baca juga: Microsoft Akan Paksa Pengguna Internet Explorer Buka Tautan di Edge 

Dalam versi beta aplikasi Microsoft Authenticator, ada opsi bagi pengguna untuk mengisi kata sandi secara otomatis. Ini berarti bahwa pengguna akan dapat menyimpan sandi mereka di aplikasi Authenticator dan di perangkat seluler.

Dengan menggunakannya akan membantu mengingat dan mengisi otomatis kata sandi dalam mengakses platform yang pengguna inginkan.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply