UBSI Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Kuliah Maret 2021

Progam khusus ini dibuka untuk Prodi Informatika, Manajemen, dan Komunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak pemuda yang terpaksa menunda masuk kuliah.  Menurut Rektor Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Dr Mochamad Wahyudi, paling tidak ada tiga penyebab banyak remaja menunda masuk kuliah pada tahun ajaran 2020/2021.

Pertama, kesulitan  ekonomi orang tua yang terdampak wabah Covid-19. “Ada yang di-PHK, dirumahkan, atau gajinya dibayar separoh. Sehingga orang tua kesulitan menyisihkan dana untuk biaya kuliah putranya,” kata Wahyudi, Jumat (20/11).

Kedua, faktor pemuda itu sendiri. “Kalau dia selama ini sudah bekerja, dia pun bisa terkena PHK, dirumahkan, atau gajinya dibayar separoh. Hal ini mengakibatkan dia menunda untuk mendaftar kuliah, karena ada keperluan lain yang lebih mendesak,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ketiga, terkait pola pikir (mind set). “Ada yang berpikir kalau  kuliah secara daring atau tanpa tatap muka, untuk apa saya kuliah sekarang?  Nanti saja, tahun depan, kalau pandemi  Covid-19 sudah berlalu,” tuturnya. 

Menurut Wahyudi, ini pola pikir lama yang sudah tidak tepat lagi diterapkan di zaman sekarang. “Kita belum tahu, kapan pandemi  Covid-19 akan selesai. Di samping itu,  kalaupun pandemi  Covid-19 sudah selesai, berbagai perguruan tinggi akan tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau kuliah online. Minimal blanded learning atau campuran kuliah offline dan online,” paparnya.

Untuk memberikan solusi kepada para pemuda yang menunda daftar kuliah tahun ajaran 2020/2021, UBSI menyediakan program khusus, yakni kuliah semester genap.  Artinya, kuliah semester 1 dilaksanakan pada semester genap (ke-2) tahun kuliah 2020/ 2021. “Kuliah semester 1 dimulai pada bulan Maret 2021, sedangkan semester 2 dimulai September 2021. Jadi, pada program khusus ini, kuliah semester 1 dan 2 dilaksanakan  di tahun 2021 nanti,” ujarnya. 

Wahyudi mengemukakan, program ini bertujuan agar para pemuda tidak terlalu lama menunda untuk mendaftar kuliah.  “Cukup menunda 1 semester, setelah itu langsung daftar kuliah dan kuliah semester 1 di bulan Maret 2021 yang merupakan semester genap bagi program kuliah regular,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pendaftaran kuliah program khusus  tahun kuliah 2020 ini dibuka mulai 1 November 2020 sampai akhir Februari 2021. Jadwal kuliah dimulai pada Maret 2021.

“Adapun Prodi yang dibuka di program khusus UBSI ini adalah Informatika, Manajemen, dan Komunikasi,” kata Wahyudi.

__Posted on
__Categories
Republika, Umum