Wali Kota dan 14.604 Nakes di Palembang Divaksin Sinovac Perdana

Merdeka.com – Wali Kota Palembang Harnojoyo bakal menjadi orang pertama yang divaksin Sinovac pada vaksinasi perdana di kota itu. Palembang sendiri mendapat jatah 19.080 dosis vaksin pada pengiriman pertama.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Palembang Mirza Susanti mengungkapkan, vaksin tersebut sudah diambil dari Gudang Vaksin Sumsel dan kini disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Palembang. Selanjutnya didistribusikan ke 41 Puskesmas dan 19 rumah sakit di Palembang pada 14 Januari 2021 atau tepat vaksinasi perdana.

“Alhamdulillah sudah kami terima dan siap didistribusikan ke sasaran dan dilakukan vaksinasi,” ungkap Mirza, Selasa (5/1).

Pada prioritas utama, vaksinasi dilakukan terhadap 14.604 tenaga kesehatan. Sebelum itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo akan memulainya secara resmi divaksin oleh tenaga medis khusus.

“Pak Wali Kota sudah bersedia untuk divaksin pertama. Itu sebagai salah satu sosialisasi dan promosi kesehatan,” ujarnya.

Dikatakan, para tenaga medis yang mendapat giliran vaksinasi tahap pertama hanya bagi orang yang menerima pesan singkat atau SMS blast yang terintegrasi dengan program Peduli Lindungi dalam pelaksanaan vaksinasi. Tidak menutup kemungkinan jumlah tenaga kesehatan yang divaksin bertambah seiring pembaruan laporan yang masuk.

“Karena menjadi prioritas, tambahan dari tenaga medis akan diterima dan dilakukan vaksinasi jika mencukupi pada tahap pertama ini. Sementara untuk tenaga kesehatan yang sakit atau positif Covid-19 ditunda terlebih dahulu,” pungkasnya. [eko]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum