Wapres Minta Menag Lobi Arab Saudi Soal Kepastian Keberangkatan Haji 2021

Merdeka.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas agar proaktif melakukan hubungan dengan Arab Saudi untuk memastikan pelaksanaan haji tahun 2021.

“Jadi itu menteri agama diminta pro aktif melakukan hubungan ke Saudi supaya ada kepastian, biar masyarakat umat sudah dapat kepastian,” kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, Jumat (8/1).

Ma’ruf juga meminta kepada Yaqut agar biaya haji diperhitungkan. Dia pun berharap jangan sampai ada banyak subsidi. Sebab nantinya akan mengganggu dana haji tahun yang akan datang. Berharap dengan adanya subsidi tetapi tidak merugikan APBN.

“Bayar Rp35 juta, tetapi ongkos haji pada dasarnya Rp70an juta, hampir setengahnya, jadi ini enggak benar. Berharap supaya ke depan itu karena haji itu kan barang siapa yang kuat (mampu) kalau disubsidi negara ya enggak benar itu,” kata Masduki.

Sebab itu, Ma’ruf kata Masduki memiliki solusi yaitu memperkecil subsidi secara bertahap. Ma’ruf juga berharap manajemen terkait haji pun diperbaiki.

“Diharapkan ke depannya manajemennya itu diperbaiki, itu keputusan dan kebijakan dari menteri dan tentu saja biasanya dikonsultasikan kepada DPR,” kata Masduki. [bal]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum