14 Provinsi Dapat Peringatan Banjir dari BMKG

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini adanya hujan lebat yang bisa berpotensi berdampak banjir di 14 provinsi di Indonesia untuk 23 Februari pukul 07.00 sampai 24 Februari pukul 07.00.

Peringatan dini itu disampaikannya dalam media sosial instagram resminya yang mana disertai dengan unggahan peta dengan wilayah yang berpotensi terdampak berwarna kuning dan jingga.

Dalam penjelasannya, BMKG menyebutkan, 5 dari 14 provinsi tersebut diberi status ‘Siaga’ banjir sedangkan, 9 provinsi lainnya berstatus ‘Waspada’ banjir.

Lima daerah siaga banjir itu terdiri dari :

1. Jawa Barat
2. Jawa Tengah
3. Jawa Timur
4. Bali
5. Nusa Tenggara Barat

Sembilan daerah waspada banjir tersebar di :
1.. Aceh
2. Sumtera Utara
3. Lampung
4 Banten
5. DKI Jakarta
6. DI Yogyakarta
7. Kalimantan Utara
8. Kalimantan Timur
9. Kalimantan Selatan

Sebelumnya, BMKG telah menyiarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas lebat disertai kilat petir dan angin kencang hingga 25 Februari 2021. Peringatan diberikan untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, hampir smeua wilayah di Pulau Kalimantan dan Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan gelombang tinggi,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada Sabtu (20/2).

Untuk warga di wilayah DKI Jakarta, BMKG mengiimbau agar tetap waspada terhadap potensi banjir yang dapat terjadi. Sebab hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta, terutama di malam hari, yang dapat menerus hingga dini hari dan esok hari menjelang pagi. (H-2)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum