4 Cara Aman Menggunakan Jaringan Wi-Fi Publik

JARINGAN Wi-Fi kini menjadi kebutuhan bagi banyak orang dalam mengakses data internet. Sebab dengan menggunakan Wi-Fi bisa menghemat kuota internet hingga menghemat penggunaan baterai.

Wi-Fi saat ini sudah banyak tersedia di kantor, lembaga pendidikan, atau tempat-tempat umum. Mereka menyediakannya dengan gratis. Jadi siapa pun dapat dengan mudah mengaksesnya.

Baca juga: Intip Trik Sederhana Cari Tahu Pencuri Jaringan Wi-Fi Anda 

Layanan Wi-Fi gratis yang tersedia di berbagai lokasi publik itu seringkali dimanfaatkan oleh pengguna internet untuk mengakses jejaring sosial atau mengirim dokumen. Namun tanpa disadari, para peretas juga memanfaatkan jaringan Wi-Fi publik untuk menyadap data pribadi korbannya.

Guna menghindari risiko serangan peretas tersebut, berikut tips aman menggunakan Wi-Fi publik, sebagaimana dikutip dari Norton.

1. Jangan tinggalkan laptop atau ponsel

Saat terhubung dengan Wi-Fi publik, pastikan Anda memantau akses yang berjalan pada perangkat. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui dan mengontrol akses yang mencurigakan.

Wi-Fi. (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

2. Atur jaringan

Ketika berada di area publik, atur pengaturan perangkat untuk terhubung ke jaringan secara manual. Jangan mengatur jaringan untuk terhubung secara otomatis.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Kecepatan Maksimum Rambat Suara 

3. Gunakan jaringan legal

Anda perlu memastikan Wi-Fi publik yang akan digunakan legal. Tanya kepada penyedia Wi-Fi untuk mengonfirmasi nama jaringan dan memastikan proses koneksi. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari jaringan tipuan yang dibuat mirip oleh para hacker untuk mengecoh korbannya.

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply