7 Camilan Ini Dilarang Bagi Penderita Diabetes

Camilan yang salah dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Memilih camilan yang salah dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Sebaliknya, camilan yang tepat justru dapat membantu mengontrol lonjakan darah. Itu sebabnya, penderita diabetes diminta sangat berhati-hati dalam memilih camilan.

“Seringkali pilihan camilan dapat menyebabkan peningkatan gula darah, seperti permen,” kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, Ahli Diet terdaftar di Dallas, Texas, melansir laman eatingwell, Kamis (19/11).

Meski sulit, bukan berarti penderita diabetes tak boleh ngemil. Berikut tujuh pilihan camilan yang perlu dihindari untuk penderita diabetes dan alternatif penggantinya rekomendasi dari ahli.

 

Permen bar
Lebih rendah serat dan protein, camilan manis seperti permen justru akan membuat penikmatnya mencari lebih banyak gula setelahnya. Gantilah permen dengan biskuit gandum utuh dengan keju. Atau, bisa pilih granola bar berserat tinggi untuk camilan penstabil gula darah.

Keripik kentang panggang
Keripik tidak bagus bagi penderita diabetes. Pati yang digunakan dalam makanan ini sebagian besar adalah karbohidrat olahan.

Tidak ada serat untuk memperlambat lonjakan glukosa darah. Meskipun mungkin terdengar lebih sehat karena dipanggang, tapi ini bukanlah pilihan yang bagus untuk penderita diabetes. Sebagai gantinya, pilih makanan utuh asli, seperti pistachio asin ringan yang dapat membantu memuaskan keinginan mengunyah makanan renyah dan asin.

Cookies
Kebanyakan cookies tinggi akan gula. Jenis makanan ini sangat bermasalah karena tinggi gula dan lemak sehingga tidak bisa memakannya dalam jumlah sedikit. Sebagai gantinya, kacang almond rendah gula bisa jadi pilihan.

Pretzel
Mengemil pretzel di antara waktu makan hanya akan menyebabkan lonjakan glukosa yang tidak diinginkan. Bila ingin tetap menyantapnya, maka gabungkanlah pretzel dengan selai kacang, hummus, atau stik keju, untuk memberikan nutrisi yang lebih lambat dicerna dan camilan yang lebih seimbang.

Yogurt dengan rasa
Yogurt rasa bukanlah pilihan baik untuk penderita diabetes. Asupan ini umumnya mengandung 26 hingga 30 gram karbohidrat per porsi, bahkan bisa lebih besar tergantung merek.

Bila ingin tetap makan yogurt, sebaiknya pilih geek yogurt tanpa rasa yang menyediakan 6 hingga 10 gram total karbohidrat dan 15 hingga 23 gram protein. Taburi dengan buah-buahan, seperti beri, persik, atau mangga untuk menambah rasa manis alami.

Kerupuk
Kerupuk bisa menyebabkan lonjakan gula darah, dan harus dihindari. Sebagai gantinya, bisa mencoba untuk kerupuk berserat tinggi yang lebih rendah karbohidrat, seperti kerupuk Wasa.

 

Buah kering
Buah kering memang mengandung serat dan nutrisi, tetapi prosesnya menghilangkan air sehingga menjadi lebih manis. Jadi, sebaiknya pilih buah-buahan segar yang kaya serat agar membantu mengontrol lonjakan gula darah.

__Posted on
__Categories
Republika, Umum