81 Pengungsi Rohingya Tiba di Medan dari Aceh Timur, Diisolasi 14 Hari di Hotel

Merdeka.com – 81 Pengungsi etnis Rohingya yang dipindahkan dari Aceh Timur akhirnya tiba di Medan, Kamis (10/6) pagi. Koordinator Program IOM (Organisasi Internasional untuk Migrasi) Indonesia, Sonya S Wallenta, menuturkan pemindahan puluhan etnis Rohingya itu dilakukan usai sejumlah pihak melakukan rapat koordinasi.

“Jadi di dalam rapat itu direkomendasikan bahwa pengungsi itu agar segera dipindahkan ke Medan di bawah akomodasi yang dikelola oleh IOM,” kata Sonya di Medan.

Puluhan pengungsi Rohingya itu menjalani isolasi di Hotel Bukit Panembahen selama 14 hari usai tiba di Medan. “Setelah mereka sampai di sini nanti. Mereka akan diregistrasi oleh UNHCR (Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi). Dimasukkan ke dalam daftar pengungsi yang diidentifikasi oleh UNHCR sebagai pengungsi luar negeri berbangsa Myanmar dan etnis Rohingya,” ujar Sonya.

Sementara itu, salah satu pengungsi Rohingya, Mohammed Ilyas, mengatakan mereka telah melakukan perjalanan selama empat bulan sebelum tiba di Aceh menggunakan kapal.

“Kami keluar dari kamp Bangladesh (Cox’s Bazar) tapi baru empat hari mesin (kapal) mati dan rusak,” pungkasnya. [gil]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum