Akhir Bulan, Masyarakat Bisa Akses 44 Aturan Turunan UU Ciptaker

MASYARAKAT dapat mengakses situs yang memuat 44 aturan turunan dari Undang Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tenta Cipta Kerja pada akhir November.

“Kami berharap akhir bulan semuanya sudah bisa diunduh lewat portal kerja. Sehingga, (masyarakat) bisa memberi masukan dan kita bahas bersama antara pemerintah dan seluruh stakeholder,” ujar Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso secara virtual, Kamis (19/11).

Adapun 44 aturan turunan yang sedang dibahas dan disusun pemerintah, berasal dari 40 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan 4 Rancangan Peraturan Presiden. Saat ini, pemerintah telah merampungkan 29 RPP dan diunggah dalam situs uu-ciptakerja.go.id.

Baca juga: UU Cipta Kerja Mengantisipasi Bonus Demografi

Susi, sapaan akrabnya, menilai keterlibatan masyarakat dan stakeholder terkait dalam pembuatan aturan turunan sangat penting. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, untuk merangkul dan menyerap aspirasi semua elemen masyarakat.

“Penyusunan peraturan pelaksana UU Cipta Kerja yang baik dan implementatif, tentu memerlukan koordinasi dan sinergi dari seluruh stakeholder. Antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan akademisi,” pungkas Susi.

“Sinergi seluruh pemangku kepentingan ini kunci untuk suksesnya transformasi ekonomi, yang jadi ikhtiar dalam UU Cipta Kerja. Untuk mencapai kesejahteraan dan mendukung pemulihan ekonomi,” sambungnya.(OL-11)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum