Anggota Partai Republik Dukung Pendakwaan Trump Terkait Kerusuhan

ANGGOTA Kongres AS dari Partai Republik Liz Cheney mengaku akan memilih untuk mendakwa presiden karena telah menghasut serangan di gedung Capitol, pekan lalu.

“Presiden Amerika Serikat memanggil gerombolan ini, mengumpulkan massa, dan menyalakan api serangan ini. Semua yang terjadi selanjutnya adalah perbuatannya. Semua ini tidak akan terjadi tanpa presiden,” kata Cheney dari Wyoming.

“Saya akan memilih untuk mendakwa presiden,” imbuhnya.

Perwakilan Republik lainnya, Adam Kinzinger dari Illinois bergabung dengan anggota GOP untuk mendukung pendakwaan.

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa Presiden Amerika Serikat melanggar sumpah jabatannya dan menghasut pemberontakan ini,” katanya.

“Dia menggunakan posisinya di Eksekutif untuk menyerang Legislatif,” imbuhnya.

baca juga: Trump Tanggapi Rencana Pemakzulannya dengan Santai

Gubernur Republik Maryland Larry Hogan juga telah mengisyaratkan dukungan bagi perwakilan GOP yang mengatakan akan memilih untuk mendakwa Trump. Hogan menyalahkan Trump dan beberapa pemimpin Republik karena menghasut serangan terhadap Capitol minggu lalu. Dia mengatakan bahwa dia dipermalukan oleh anggota partai yang telah memperkuat klaim palsu tentang kecurangan pemilu.

“Saya akan selalu bangga pada ayah saya karena menempatkan negara kita sebelum partai dan karirnya sendiri sebagai Republik pertama yang mendukung pemakzulan Presiden Nixon. Tak lama setelah pendiriannya, presiden mengundurkan diri,” cuitnya di Twitter. (The Guardian/OL-3)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum