Apa Bedanya WhatsApp dan Telegram?

JAKARTA – Nama Telegram semakin banyak disebut paska kebijakan terbaru WhatsApp yang membuat heboh.

Telegram disebut-sebut bisa menjadi alternatif untuk warganet yang hendak hijrah akibat kebijakan baru tersebut.

Sebetulnya, seperti apakah perbedaan antara WhatsApp dan Telegram? Masing-masing aplikasi perpesanan ini mempunyai perbendaan yang tidak jauh berbeda. Kunci utama dari perbedaan antara Telegram dan WhatsApp terletak pada sikap aplikasi terhadap aturan privasi dan data pengguna. Jika isu privasi menjadi prioritas pengguna, maka Telegram adalah pilihan yang lebih baik.

Meski begitu, melansir dari Express, Senin (11/1), bukan berarti WhatsApp sudah kalah. Kedua aplikasi memiliki banyak fitur yang mirip, seperti tampilan gambar dan didukung stiker. Tetapi pada saat yang sama, keduanya juga memiliki fitur yang berbeda.

Fitur obrolan yang terenkripsi end-to-end pada Telegram, memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu terkirimnya sebuah pesan secara otomatis. Pengguna Telegram juga akan menerima pemberitahuan jika seseorang melakukan tangkapan layar, dan pesan rahasia tidak dapat diteruskan ke obrolan lain.

(Baca juga: Tak Sabar, Smartphone dengan Kamera 200 MP Siap Hadir)

Telegram juga memiliki sebuah Bot yang telah terprogram berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa belajar sendiri, serta mampu melakukan banyak hal secara efisien. Misalnya membuat gambar dari sebuah nama, membuat GIF, dan stiker.

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply