Bagaimana Menghadapi Bencana Angin Puting Beliung?

Konsultasi Oleh:
Salah satu upayanya segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh.

REPUBLIKA.CO.ID, Redaksi akan menayangkan tanya jawab seputar kebencanaan bersama Berton Suar Panjaitan, SKM., MHM, Ph.D, selalu Kepala Pusat Diklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pertanyaan bisa disampaikan melalui alamat email: newsroom@rol.republika.co.id.

Pertanyaan:

Assalamualaikum,

Mohon tipsnya dari Bapak/Ibu pengelola Rubrik Siaga Bencana. Angin puting beliung kerap terjadi di musim penghujan sekarang. Bila angin yang menghancurkan ini terjadi apa yang harus dilakukan? Apa pula yang harus dilakukan setelah terjadi bencana angin puting beliung?

Sigit Handoko, Kendal, Jawa Tengah

Jawaban

Bapak Sigit Handoko di Kendal. Negara kita yang berada di daerah tropis sering mengalami puting beliung. Angin puting beliung ini merupakan angin kencang yang sangat kuat dengan pusaran angin dengan kecepatan 70 km per jam.

Berbeda dengan topan atau tornado yang dapat mencapai kecepatan 200 km/jam yang merusak seluriuh daerah yang dilaluinya. Namun demikian puting beliung ini juga dapat menyebabkan kerusakan harta benda, tumbangnya pohon atau benda lainnya yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu perlu beberapa tindakan yang dilakukan untuk menghindari korban saat puting beliung.

1. Masukkan barang-barang Anda ke dalam rumah, agar tidak terbawa angin.

2. Tutup jendela dan pintu lalu kunci rapat-rapat. Bila dibutuhkan ikatlah pintu/jendela dengan tali atau papan tambahan agar tidak terdampak oleh angin dapat dilakukan

3. Matikan semua aliran listrik dan peralatan elektronik agar tidak tersambar oleh petir yang biasa terjadi saat angin puting  beliung.

4. Hindari berada di daerah terbuka dan di bawah pohon atau papan reklame. Jangan parker kendaraan Anda di bawah pohon, papan reklame atau bangunan yang potensial rubuh

5. Segera masuk ke dalam rumah atau bangunan yang kokoh.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat, terima kasih.

__Posted on
__Categories
Republika, Umum