Bangun Hotel Low Budget di Toba, Sandiaga Sebut Gerak Cepat Pulihkan Pariwisata

Merdeka.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan hotel murah menjadi salah satu langkah percepatan pemulihan sektor pariwisata di Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau hotel low budget Bobobox di Kaldera Toba. Sandiaga menargetkan hotel ini rampung akhir Juni.

“Hari ini pembangunannya sudah mendekati 40 persen kesiapannya dan kita harapkan akhir bulan Juni ini sudah bisa diujicobakan 30 unit,” kata Sandiaga dikutip dark keterangannya, Kamis (10/6)

Hotel hasil kerja sama dengan skema public private partnership (PPP) ini punya konsep unik dan kekinian. Sandiaga menjelaskan, Bobobox menyuguhkan bangunan berbentuk kapsul dan didirikan di The Kaldera Toba, Kecamatan Ajibaga, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Sandiaga bilang, pembangunan hotel yang direncanakan sejak Maret 2021 ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

Hal tersebut kata politikus Gerindra ini sejalan dengan platform 3G, yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi) yang diinisiasinya bersama Kemenparekraf.

“Ini adalah merupakan perwujudan dari 3G, Gercep-gerak cepat, jadi enam bulan setelah kita bertugas kita lihat satu fasilitas yang sudah selesai, kita Geber-gerak bersama karena kita ini bekerjasama dengan bobobox, ini adalah dunia usaha-investor, mereka yang berinvestasi, kita menyediakan lahan dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan,” kata Sandiaga.

“Dan terakhir adalah gaspol, kita garap semua potensi, karena nanti di tahap kedua jika 30 kabin ini mendapatkan respons yang positif, kita akan lanjutkan dengan 30 kabin selanjutnya di tahun kedua,” sambungnya. [ray]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum