Bayern bangkit dari tertinggal dua gol untuk menang 5-2 atas Mainz

Jakarta (ANTARA) – Bayern Munich bangkit dari tertinggal dua gol untuk mengunci kemenangan 5-2 atas Mainz 05, pada pertandingan putaran ke-14 Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Minggu atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan tersebut sekaligus mendongkrak Bayern kembali ke posisi puncak klasemen dengan koleksi 33 poin, setelah posisi tersebut sempat diduduki oleh RB Leipzig. Sedangkan Mainz masih tertahan di posisi ke-17 dengan enam poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Peluang pertama pada pertandingan itu menjadi milik Mainz saat Jonathan Burkardt mengejar umpan kiriman Robin Quaison, namun kiper Manuel Neuer masih mampu melakukan penyelamatan dengan kakinya.

Corentin Tolisso kemudian menyia-nyiakan dua peluang bagus untuk Bayern. Peluang berikutnya dimaksimalkan benar oleh Mainz untuk membuka keunggulan pada menit ke-32. Burkardt mengejar umpan terobosan dan melepaskan sepakan voli yang kali ini tidak dapat diantisipasi kiper Neuer.

Baca juga: Bayern tutup 2020 dengan status pemuncak klasemen

Mainz menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Kali ini Alexander Hack leluasa menanduk bola tendangan bebas Daniel Brosinsky untuk memaksa Neuer kemasukan untuk kedua kalinya.

Tim tamu yang unggul 2-0 kembali mengancam pada awal babak kedua, kali ini melalui Danny Latza. Bayern akhirnya memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-50 ketika Joshua Kimmich mengawali dan mengakhiri pergerakan untuk kemudian membobol gawang Mainz dari jarak dekat.

Bayern menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Leroy Sane bergerak memotong dari kanan dan melepaskan tembakan mendatar kaki kiri yang tidak dapat dihentikan kiper Finn Dahmen.

Baca juga: Leroy Sane akhirnya berlabuh di Bayern Muenchen

Mainz masih berusaha mencetak gol saat Quaison melepaskan sepakan yang membentur mistar gawang. Namun Bayern kemudian mampu membalikkan keadaan melalui gol Niklas Suele pada menit ke-70, melalui sepakannya yang sempat terdefleksi.

Bayern mendapat hadiah penalti pada menit ke-76 akibat Leandro Barreiro melanggar Serge Gnabry di kotak terlarang. Eksekutor Bayern Robert Lewandowski tidak membuang peluang dan mengeksekusinya dengan sempurna.

Lewandowski masih sempat mengemas gol keduanya pada menit ke-82, sekaligus gol ke-19nya musim ini, ketika ia menyambar umpan silang Thomas Mueller dengan sepakan voli.

Pada putaran berikutnya yang akan dimainkan pada Sabtu (9/1), Bayern berpeluang besar mempertahankan posisinya di pucuk saat dijamu Borussia Moenchengladbach. Mainz akan berupaya meraih tiga poin saat menjamu Eintracht Frankfurt pada hari yang sama.

Baca juga: Pelatih Bayer Leverkusen kibarkan bendera putih
Baca juga: Dortmund buka 2021 dengan kemenangan 2-0 atas Wolfsburg

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Bayern Munich (4-2-3-1): Manuel Neuer, Benjamin Pavard (Leon Goretzka 46′), Jerome Boateng (Niklas Suele 46′), David Alaba, Alphonso Davies, Corentin Tolisso, Joshua Kimmich, Serge Gnabry (Jamal Musiala 76′), Thomas Mueller, Leroy Sane, Robert Lewandowski
Pelatih: Hansi Flick

Mainz 05 (4-3-1-2): Finn Dahmen, Daniel Brosinski (Kevin Stoeger 80′), Jerry St Juste, Alexander Hack, Philipp Mwene, Edimilson Fernandes, Danny Latza, Leandro Barreiro, Jean-Paul Boetius (Karim Onisiwo 71′), Jonathan Burkardt (Jean-Philippe Mateta 80′), Robin Quaison
Pelatih: Jan Siewert

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

__Posted on
__Categories
Antara News, Umum