Besok, Seluruh Kepala Daerah di Banten Disuntik Vaksin Sinovac

Merdeka.com – Seluruh kepala Daerah di Provinsi Banten akan menerima vaksinasi Covid-19, yang dilakukan secara bersamaan di Pendopo Bupati Tangerang, di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Kamis (14/1).

“Diawali seluruh unsur forkopimda Provinsi Banten yang mendapat vaksin pertama, dilanjutkan dengan para kepala daerah tingkat kota/kabupaten se-Provinsi Banten,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid dalam keterangan tertulis, Rabu (13/01).

Menurut Maesal, persiapan untuk kegiatan vaksinasi besok tengah dilakukan oleh petugas. “Vaksinasi Sebagai contoh pertama, setelah Presiden Jokowi di Istana Negara, dilanjutkan para Kepala daerah di wilayah masing-masing mengikuti Vaksinasi Covid-19 juga, setelah itu di lanjutkan tahapan vaksinasi untuk para tenaga medis,” jelasnya.

Maesal mengaku, untuk Kabupaten Tangerang, terdapat lebih dari 15 ribu tenaga medis dan kuota yang diharapkan untuk tahap pertama tersebut, baru dialokasikan sekitar 7 ribu vaksin.

“Jadi masih ada kebutuhan tambahan untuk menutupinya. Dari urutan penerima vaksin, adalah petugas satgas Covid-19 seperti TNI POLRI serta Satpol PP kemudian masyarakat, yang pasti adanya Vaksin tidak bisa kita melonggarkan Protokol Kesehatan atau Prokes dengan 4 M nya,” jelas Maesal.

Juru Bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengungkapkan, wilayah Kabupaten Tangerang, belum memperoleh kepastian jumlah vaksin yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Banten.

“Kuota belum tahu, untuk data Nakes kita lebih kurang 15.500 orang dengan jumlah tenaga vaksinator lebih kurang 161 orang,” ucap dia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengungkapkan bahwa, pada tahap pertama vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Banten, dibagi ke dalam dua termin dengan kuota sebanyak 14.560 vaksin.

“Berdasarkan arahan Kemenkes,hanya dua kota yang diberikan yaitu yang berdekatan dengan DKI Jakarta, Kota Tangsel dan satu ibu kota provinsi tersebut, yakni kota Serang. Sebanyak 3.800 untuk kota Serang, dan 8 ribu lebih untuk Tangsel,” jelas Kadis Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji.

Selanjutnya, pada minggu ketiga bulan Januari atau akhir bulan Januari, Pemprov Banten kembali akan mendapat sekitar 72 ribuan vaksin.

“Jumlah tersebut, nantinya itu akan didistribusikan ke 6 kab/kota lain, Tangsel juga mendapat lagi tambahan,” ungkap dia.

Ati mengaku, pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Banten, sedikitnya akan melibatkan 5.900 Nakes yang siap menyuntikkan vaksinasi Covid-19.

“Kita punya 5.900 tenaga vaksinator dan saat ini sudah siap digunakan 1.950 dan fasilitas yang digunakan pada tahap 1 ini Puskesmas dan Rumah Sakit,” kata dia. [bal]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum