Bibit Vaksin Merah Putih Rampung Maret 2021

VAKSIN Merah Putih karya anak bangsa terus dikembangkan walau kemajuan penelitian laboratorium belum bergeser dari 55%. Namun, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman optimistis bibit vaksin covid-19 buatan Indonesia itu selesai pada kuartal pertama 2021.

“Insya Allah tetap bisa memenuhi target penyerahan bibit vaksin ke Bio Farma pada Maret 2021,” ujar Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio saat dikonfi rmasi, kemarin.

Amin menyebutkan, saat ini Eijkman dalam tahap mengoleksi protein rekombinan dari sel sistem ekspresi. Vaksin telah diuji ke sel mamalia dan sel ragi. Jika hasil protein rekombinan stabil, uji coba dilanjutkan kepada hewan.

“Jika seluruh tahapan uji klinis berjalan dengan baik, izin edar diproyeksikan diperoleh pada akhir 2021, dan akan didistribusikan pada awal 2022,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, belum lama ini.

Terkait dengan uji klinis tahap 3 terhadap kandidat vaksin covid-19 dari Sinovac yang sedang berjalan, tidak ditemukan adanya gejala ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Dari uji klinis terhadap 1.620 relawan yang dilakukan beberapa waktu lalu di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, hanya ditemukan gejala ringan, seperti nyeri dan pegal-pegal otot pada bekas suntikan.

Disalurkan bulan depan

National Health Service (NHS) Inggris bersiap untuk memberikan vaksinasi covid-19 bagi masyarakat pada bulan depan, jika disetujui regulator. Sekretaris Kesehatan Inggris Matt Hancock mengungkapkan pemerintah saat ini telah mengambil langkah pertama untuk memberi izin vaksin covid-19 di Inggris.

Para menteri secara resmi telah meminta Badan Regulasi Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) untuk menilai vaksin Pfizer-BioNtech untuk digunakan di Inggris. Dalam studi klinis
fase 3 perusahaan, vaksin telah menunjukkan tingkat efektivitas mencapai 95%.

Hal itu terjadi ketika Pfizer-BioNTech membuat permintaan darurat kepada regulator AS, meminta otorisasi untuk mulai mendistribusikan jutaan dosis vaksin BNT162b2 ke populasi berisiko tinggi.

Sementara itu, vaksin covid-19 yang diproduksi Israel diperkirakan akan siap digunakan masyarakat pada musim panas tahun depan. Vaksin yang diberi nama Brilife dikembangkan Institut Penelitian Biologi Kementerian Pertahanan.

Israel memproduksi vaksin dalam negeri sebagai rencana cadangan dan berencana membeli vaksin dari perusahaan farmasi yang berbasis di luar negeri.

“Israel sedang dalam tahap akhir diskusi dengan raksasa farmasi Inggris Astrazeneca untuk membeli jutaan dosis vaksin nya, yang saat ini sedang diujicobakan,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. (Aiw/ Medcom.id/NewsSky/TimesofIsrael/I-1)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum