Biden Ajukan Burns Sebagai Pemimpin CIA

PRESIDEN terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Senin (11/1), menunjuk William Burns sebagai pilihannya untuk memimpin badan mata-mata AS CIA.

Burns, bersama pilihan Biden untuk memimpin badan intelejen nasional Avril Haines, akan bertugas memulihkan reputasi komunitas intelejen AS yang selama masa kepemimpinan Donald Trump sangat kental dipolitisasi.

Burns, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Carnegie Endowment for International Peace, think-tank kebijakan luar negeri AS, akan menjadi pilomat karier pertama yang memimpin CIA.

Baca juga: Giliran Republik Minta Trump Mundur

Presiden AS, biasanya, memilih veteran intelejen atau militer untuk memimpin CIA dan NSA, dua komponen penting dalam komunitas intelejen AS.

Namun, Burns memiliki banyak pengalaman terkait masalah keamanan dan intelejen setelah selama dekade bekerja di departeman luar negeri AS, termasuk menjadi Duta Besar AS untuk Rusia antara 2005 dan 2008.

“Bill Burns adalah diplomat teladan yang sarat pengalaman di panggung dunia untuk memastikan warga dan negara AS aman,” ungkap Biden dalam sebuah pernyataan resmi. (AFP/OL-1)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum