BNPB Siapkan 2 Juta Masker PON XX Papua

Kita akan edukasi pentingnya pakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA — Penggunaan masker menjadi gaya hidup baru yang harus dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 ini.

Dengan menggunakan masker serta menjaga jarak, mencuci tangan serta menghindari kerumunan ikhtiar yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan melibatkan 500 relawan dari berbagai elemen masyarakat diterjunkan untuk melakukan kampanye penerapan protokol kesehatan untuk masyarakat Papua maupun peserta PON XX Papua yang akan digelar 2-15 Oktober 2021.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dalam diskusi virtual yang digelar BNPB, Rabu (15/9) menegaskan akan dukung PON Papua lebih kepada penetapan Protokol Kesehatan salah satunya penggunaan masker.

“Kita akan edukasi pentingnya pakai masker. Kita juga siapkan mobile masker, membagikan satu orang peserta sebanyak empat masker kain. Jadi masih bisa dipakai hingga selesai. Total kita siapkan 2 juta masker untuk empat Klaster PON Papua nanti,” ujar Prasinta.

Prasinta juga mengatakan timnya tidak segan-segan untuk membubarkan kerumunan jika itu terjadi. “Selain edukasi pencegahan dengan Prokes, kita juga akan menindak tegas jika ada kerumunan, akan kita bubarkan.”

Untuk membangun tes PCR BNPB menurut Prasinta akan memberi bantuan lima alat PCR. “Ada 5 alat PCR bantuan satgas Covid-19 dari BNPB. Kita akan lihat nanti sejauh mana kebutuhannya,” katanya.

__Posted on
__Categories
Republika, Umum