Buka Konferensi Internasional IKA Unpad, Jokowi: 2021 Momentum untuk Bangkit

BANDUNG Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Konferensi Internasional Tackling The COVID-19 Pandemic: Health, Economics, Diplomacy, And Social Perspectives yang digelar Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad), Senin (22/2/2021).

Dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, Jokowi menegaskan bahwa tahun 2021 merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19. “Tahun 2021 adalah momentum untuk bangkit, tahun untuk menjawab berbagai peluang, tahun untuk transformasi menjadi kekuatan baru,” tegas Jokowi. Baca juga: Istana Bilang Kerumunan saat Kunjungan Kerja Jokowi ke NTT Spontanitas

Jokowi menuturkan, pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia, termasuk bangsa-bangsa lain di dunia. Lebih dari 110 juta orang di seluruh dunia terdampak dan hampir 2,5 juta orang harus kehilangan nyawa akibat virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.”Dari hari ke hari, kita dan dunia belajar untuk memahami virus ini dan membuat kebijakan-kebijakan terbaik untuk mengatasinya. Pada saat yang sama, kita juga harus berusaha untuk mengatasi dampak sosial ekonomi dari pandemi ini,” katanya.

Menurutnya, dampak sosial ekonomi akibat pandemi sangat dirasakan semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Masing-masing negara di dunia pun diyakininya telah melakukan segala upaya untuk menanggulangi krisis tersebut. “Namun lebih dari itu, kita harus merancang secara akurat, secara lebih detail apa yang harus kita lakukan bersama-sama dengan bangsa lain di seluruh dunia,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Terlebih, lanjut Jokowi, COVID-19 tidak mengenal batas antarnegara. Oleh karenanya, dia menilai, dunia tidak akan bisa sepenuhnya terbebas dari COVID-19 jika masih ada satu negara saja yang belum bebas dari COVID-19. “Oleh karena itu, yang paling penting agar kita dapat menangani pandemi ini adalah kerja sama, kerja sama, dan kerja sama,” imbuhnya. Baca juga:Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi Yakin Provinsi NTT Akan Makmur

“Dunia harus terus memperkuat kerja sama untuk menyelesaikan permasalahan bersama dan bangkit bersama,” sambung Jokowi menegaskan. Jokowi meminta, bangsa Indonesia harus memperkokoh kerja sama. Selain itu, bangsa Indonesia pun harus memperkuat kerja sama dengan negara-negara lain di dunia untuk menghadapi pandemi COVID-19. “Spirit kerja sama perlu terus ditekankan karena no one safe until every one is,” ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, bangsa Indonesia pun mesti bersyukur karena vaksin COVID-19 kini mulai tersedia di Indonesia. Bahkan, Indonesia telah memulai program vaksinasi COVID-19. “Vaksin menimbulkan harapan baru bagi kita semuanya. Negara-negara di dunia berpacu untuk mengamankan vaksin bagi kebutuhan rakyatnya,” katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa Indonesia termasuk negara yang beruntung karena sudah memulai vaksinasi COVID-19. Hal tak lepas dari upaya Indonesia yang sudah bergerak mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin bagi bangsa Indonesia sejak awal pandemi. “Diplomasi vaksin kita sudah berjalan dari sejak awal pandemi. Hasilnya, Indonesia adalah termasuk negara di Asia Tenggara yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021,” sebut Jokowi.

__Posted on
__Categories
SindoNews, Umum