Cara Melacak Nomor HP, Ikuti 5 Langkah Efektif Ini

BEBERAPA orang mungkin sering melakukan pelacakan nomor telepon untuk mengetahui posisi pemiliknya. Ada berbagai alasan hal ini dilakukan, mulai dari perkiraan lokasi hingga memastikan keamanan.

Melacak nomor telepon tidak serumit kedengarannya. Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengetahui posisi seseorang melalui nomor ponsel.

Baca juga: Cegah Persebaran Covid-19 dengan Rajin Bersihkan Smartphone 

Dinukil dari Cellular News, Sabtu (21/11/2020), berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melacak nomor HP.

1. Gunakan aplikasi pencari telepon

Bagi pengguna Android, aplikasi Find My Device dapat digunakan untuk melacak keberadaan ponsel. Aplikasi tersedia di Google Play Store dan hanya berfungsi pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau versi lebih baru. Masuk ke aplikasi dengan akun Google, kemudian berikan akses lokasi.

Tidak jauh beda dengan Android, pengguna iOS juga dapat melacak nomor telepon dengan aplikasi Find My iPhone. Bedanya, aplikasi ini sudah tersedia langsung di perangkat tanpa perlu di-download. Pengguna dapat melacak ponsel di web melalui iCloud.com atau masuk ek ID iCloud.

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan adalah Spyera. Aplikasi ini layaknya mata-mata dan pelacak nomor telepon untuk mengetahui lokasi seseorang menggunakan GPS. Spyera kompatibel dengan perangkat Android, iOS, Windows PC, dan Mac OS. Beli lisensi aplikasi dari situs resminya dan instal di ponsel target.

2. Gunakan IMEI ponsel

Pelacakan dengan Internation Mobile Station Equipment Identity (IMEI) dapat dilakukan oleh semua orang. Angka yang terdiri dari 15 digit ini dapat membantu menemukan ponsel yang hilang atau dicuri. Nomor IMEI dapat dilihat di Pengaturan atau dengan cara menekan *#06# pada ponsel. Penyedia telepon seluler dapat melacak telepon dengan kode IMEI itu. Aplikasi IMEI Tracker di Play Store dan Apps Store juga dapat digunakan.

Baca juga:

Leave a Reply