Cara Membedakan Layar LCD dan AMOLED Smartphone

ADA dua teknologi yang digunakan dalam perangkat ponsel pintar saat ini. Masing-masing adalah LCD (liquid crystal display) dan AMOLED (active matrix organic light emitting diode). Teknologi ini banyak diaplikasikan di sejumlah smartphone karena dinilai cukup murah. Sedangkan AMOLED juga mulai marak dipakai berkat kehematannya dalam banyak hal serta tergolong lebih aman di mata penggunanya.

Keuntungan dari penggunaan layar AMOLED adalah setiap piksel memancarkan cahaya sendiri yang berarti lampu latar terpisah tidak diperlukan. Bila dibandingkan dengan layar LCD, AMOLED lebih hemat energi, menawarkan tingkat kontras yang lebih tinggi dan warna hitam yang lebih dalam. Akan tetapi layar ini juga lebih rentan terhadap insiden terbakar.

Layar LCD dan AMOLED. (Foto: Gadgethacks)

Baca juga:

Jika tidak memiliki penampil gambar layar penuh, gunakan salah satu aplikasi dalam daftar ini. Selanjutnya, ubah kecerahan ponsel sepenuhnya, kemudian bawa perangkat ke ruangan gelap. Jika Anda melihat cahaya memancar dari ponsel, maka perangkat memiliki layar LCD. Jika layar benar-benar gelap saat menampilkan gambar uji pada kecerahan penuh, Anda memiliki layar AMOLED.

Layar AMOLED. (Foto: Gadgethacks)

Baca juga:

Leave a Reply