Cetak Rekor, Samsung Hadirkan Ponsel dengan Sensor Kamera 200 MP

JAKARTA – Kemajuan terus dilakukan Samsung. Setelah meluncurkan Samsung Galaxy S21 Ultra menampilkan sensor kamera 108MP yang mencengangkan di Samsung Isocell HMX, raksasa telekomunikasi asal Korea Selatan (Korsel) itu, membuat rekor baru dengan sensor kamera 200MP Samsung untuk ponsel alias HP.

Dilansir dari Laptop, sensor kamera 200MP Samsung mengungkapkan Isocell HP1 barunya, yang menawarkan 200 megapiksel, menjadikannya sensor kamera ponsel pertama yang mencapai ambang tersebut.

Kunci dari Isocell HP1, seperti halnya dengan semua sensor kamera ponsel megapiksel tinggi ini adalah pixel binning.

Baca Juga: Samsung Luncurkan Ponsel Terbaru Galaxy A03s, Entry Level dengan Memori Besar

Proses ini mengambil sekelompok piksel dari sensor, dan memadukannya untuk mensimulasikan piksel yang lebih besar. Juga menghasilkan ukuran file yang lebih mudah dikelola, karena gambar binned akan menjadi 12,5MP atau 25MP.

Isocell HP1 juga merupakan debut dari teknologi “ChameleonCell” baru Samsung, yang memberikan pixel binning adaptif tergantung pada pencahayaan. Ini membawa kita ke spesifikasi sensor gambar penting lainnya: ukuran piksel. 200 juta piksel di HP1 adalah 0,64μm, yang kecil menurut standar sensor kamera ponsel.

Sebagai perbandingan, piksel pada sensor utama 12MP di iPhone 12 Pro Max adalah 1,7μm. Ini adalah keuntungan penting dalam situasi cahaya rendah di mana piksel yang lebih besar lebih mampu menyerap cahaya dan menawarkan gambar yang lebih cerah. Jadi HP1 menggabungkan piksel menjadi kotak 2×2 atau 4×4 dalam cahaya rendah, menghasilkan piksel yang setara dengan 1,28μm atau 2,56μm.

Isocell HP1 juga harus menjadi sensor yang kuat untuk videografer dengan dukungan untuk video 8K hingga 30 frame per detik tanpa pemotongan atau penskalaan.

Sementara resolusi 200MP menarik perhatian, perlu dicatat bahwa Isocell GN2 Samsung yang ada memiliki beberapa keunggulan pada sensor baru ini meskipun resolusinya lebih rendah 50MP.

Sensornya sendiri lebih besar, dan dengan pixel binning, memiliki piksel 2,8μm yang lebih besar. Kami berharap untuk melihat telepon mengadopsi sensor baru sekitar awal 2022 dan kami tidak sabar untuk melihat hasilnya.

(saz)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply