Deretan emiten ini lebih optimistis melalui tahun ini, apa alasannya?

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Sejumlah emiten tetap optimistis untuk melakukan ekspansi tahun ini. Hal tersebut tergambar dari alokasi belanja modal emiten tahun ini.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan pihaknya melihat emiten tetap optimistis perihal pemulihan ekonomi yang akan menjadi suatu keniscayaan tahun ini.

Penilaian tersebut berangkat dari program vaksinasi yang terus berlangsung dan melihat daripada kepastian akselerasi pertumbuhan ekonomi akan terjadi di kuartal II sehingga optimisme masih terbuka lebar untuk emiten.

Baca Juga: Hingga kuartal I, Kalbe Farma (KLBF) serap capex Rp 300 miliar

“Selain itu, melihat indikatornya dari peningkatan kinerja ekspor, kinerja impor, dan neraca perdagangan yang masih surplus, serta PMI (indeks manufaktur) yang meningkat ke level 54,6 membuat optimisme untuk emiten terbuka lebar,” ujarnya kepada kontan.co.id, Senin (3/5).

Terkait anggaran belanja modal emiten, Nafan mengaku hal tersebut merupakan keputusan masing-masing perusahaan terhadap besarannya. Menurutnya, bagi pelaku pasar penggunaan belanja modal yang tepat sasaran yang menjadi diperhatikan.

“Baik untuk penggunaan ekspansi untuk penambahan kapasitas ataupun lainnya. Dan jika, emiten tidak mengalami peningkatan anggaran berarti emiten itu melakukan efisiensi bisnis dengan terukur guna menjaga arus kas yang sehat,” lanjutnya.

Karenanya, Nafan memperkirakan tahun ini kinerja emiten bisa dipertahankan seoptimal mungkin mengingat sentimen pemulihan ekonomi. Bahkan, ia menilai ada potensi peningkatan kinerja fundamental emiten pada akhir tahun nanti.

Ekspansi yang dilakukan oleh penghuni Indeks LQ45 tahun ini juga terlihat lebih bergerak. Hal ini melihat pada anggaran belanja modal yang dianggarkan tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk (UNTR) Sara K. Loebis menuturkan anggaran belanja modal tahun ini meningkat menjadi US$ 290 juta dibandingkan tahun lalu sebesar US$ 190 juta.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


__Posted on
__Categories
EkoBiz, Kontan