Dinkes Jateng Sebut Ada 3 Kabupaten Paling Banyak Terima Vaksin Covid-19

Merdeka.com – Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyatakan distribusi vaksin ke kabupaten kota Jateng bukan berdasarkan tingginya kasus covid-19, tapi mengacu pada jumlah penduduk yang berusia 18-59 tahun. Pihak Dinkes masih mendata daerah mana yang berpotensi mendapat jatah vaksin terbanyak.

“Kita tidak ada prioritas, tapi yang pasti vaksin berdasar usia 18-59 tahun. Itu sudah ada aturan dari pusat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Kamis (19/11).

Dia menyebut Jawa Tengah sendiri akan diberikan mulai bertahap pada Desember 2020 nanti. Berdasarkan data kependudukan tiga kabupaten kota di Jateng akan paling banyak mendapat jatah vaksin covid-19.

“Kota Semarang, Cilacap, dan Brebes itu jumlah pendudukannya di atas 1 juta jiwa. Mungkin daerah itu yang paling banyak dapat jatah vaksin. Kalau kayak Salatiga, itu kemungkinan sedikit,” tuturnya.

Jateng nantinya akan mendapat jatah vaksin untuk sekitar 21 juta orang atau sasaran. Terkait jenis vaksin yang diperoleh Jateng seperti Sinovac, Pfizer, atau Eijkman, Yulianto enggan menjelaskan lebih detail.

“Kita tidak tahu kalau soal jenis vaksin. Bukan kewenangan kita, yang pasti kita hanya mendapat jatah pada Desember nanti sudah datang bertahap,” kata dia. [rhm]

__Posted on
__Categories
Merdeka, Umum