Distrik 1 Jadi Lokasi Latihan Gegana

DISTRIK 1 Meikarta, Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terpilih jadi tempat latihan pasukan Gegana KorBrimob Polri, akhir pekan lalu. Presiden Direktur Meikarta, Reza Jazwin Chatab, mengaku berterima kasih sebab, penghuni justru makin merasa terjamin keamanannya.

“Kami dan para penghuni serta pengunjung di Meikarta tentu akan semakin merasa terjamin keamanannya, karena mendapat atensi yang luar biasa dari Kepolisian, khususnya Gegana sebagai pasukan elite Indonesia. Hal ini pasti juga menjalar dirasakan oleh warga sekitar, baik di Distrik 1 Meikarta dan kawasan Bekasi pada umumnya,” ungkap Reza dalam siaran resmi yang diterima, Senin (22/2).

Sebagaimana diketahui, sejak pagi sekitar jam 08.00 WIB ratusan warga Distrik 1 dan pengunjung, termasuk calon konsumen benar-benar mendapat kejutan. Disuguhkan pertunjukan latihan aksi kejahatan berkadar tinggi yang menggunakan senjata api dan bahan peledak layaknya di film.

Baca juga: 2.000 Unit Distrik 1 Meikarta Mulai Diserahterimakan

Distrik 1 dipilih, karena memenuhi lima aspek dimensi. Pertama, punya karakteristik jalan-jalan, persimpangan, lorong, gang, barikade, blokade. Kedua, ada gedung-gedung mulai dari bangunan tinggi sampai dengan low-rise. Ketiga, bawah permukaan dan/atau terowongan. Keempat, ruang terbuka dan kelima antisipasi serangan musuh dari segala arah 360 derajat.

Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Reza Arief Dewanto mengatakan tujuan latihan aksi kejahatan berkadar tinggi ini adalah untuk meminimalisasi jatuhnya korban dari para anggota yang bertugas di lapangan. Dimana pergerakannya dalam level tinggi melibatkan kuantitas personel berganda, serta bersifat lebih kompleks, dengan medan area perkotaan.

“Karakteristik Distrik 1 Meikarta sangat cocok untuk jadi area pelatihan strategis ini, karena banyak unsur terpenuhi di sini, melihat banyak sekali gedung-gedung dan dengan suasana perkotaan yang kental,” tandas dia. (R-3)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum