Exynos 2100 Tiba di 12 Januari, Amunisi Samsung untuk Gempur Snapdragon 888

Suara.com – Dua hari sebelum Galaxy S21 meluncur pada 14 Januari 2021, Samsung mengumumkan akan memperkenalkan Exynos 2100, prosesor berarsitektur 5nm yang akan menjadi jantung dapur pacu gawai tersebut.

Dalam pengumuman yang disebar via Youtube, Samsung mengungkap akan meluncurkan Exynos 2100. GSM Arena mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya Samsung menggelar acara khusus untuk meluncurkan sebuah prosesor.

Dengan Exynos 2100 Samsung berharap bisa menyaingi Qualcomm yang telah meluncurkan Snapdragon 888, yang juga dibangun di atas arsitektur 5nm. Snapdragon 888 telah digunakan pada ponsel Xiaomi Mi 11 yang meluncur akhir 2020.

Selain Galaxy S21, belum diketahui merek dan ponsel mana lagi yang akan menggunakan prosesor terbaru dari Samsung ini. Adapun chip Samsung sebelumnya, Exynos 1080 sudah digunakan pada Vivo X60.

Baca Juga: Qualcomm dan Samsung Siap Pimpin Pasar Prosesor 5nm

Peluncuran Exynos 2100 sendiri digelar khusus untuk menunjukkan betapa pentingnya prosesor ini bagi Samsung. Kehadiran chipset ini juga disebut akan menjadi momentum Samsung untuk menggeser Huawei di pasar prosesor kelas atas.

Huawei kini sedang kesulitan untuk memperoleh pasokan komponen dalam memproduksi prosesor setelah dikenai sanksi oleh pemerintah Amerika Serikat. Para pemasoknya dari AS kini dilarang untuk berdagang dengan Huawei.

Prosesor Exynos 2100 sendiri diklaim akan punya performa lebih cepat dan lebih efisien dari sisi konsumsi daya. Kabarnya juga ia punya kinerja lebih bagus ketimbang Snapdragon 888.

__Posted on
__Categories
Infotek, Suara

Leave a Reply