Hancur Saat Kependudukan Armenia, Masjid Aghdam Juma Bangkit

IHRAM.CO.ID, BAKU — Masjid Agdam Juma yang terletak di kota hantu Aghdam, Azerbaijan, sempat dihancurkan sebagian selama kependudukan Armenia di tahun 90-an. Setelah 27 tahun berselang, masjid ini kini hidup kembali.

“Setelah 27 tahun, Aghdam Juma #Mosque, yang sebagian dihancurkan dan dihina selama pendudukan oleh Armenia, kini telah memperoleh pancaran cahaya dan kekuatan!” tulis Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Republik Islam Pakistan, Ali Alizada, dalam akun Twitter pribadinya, dilansir di Geo News, Senin (23/11).

Menurut sebuah artikel berita, serangan Armenia di Aghdam menghancurkan kota itu hingga rata dengan tanah. Hal tersebut juga mengubah kota ini menjadi “kota hantu”.

Melihat tingkat kerusakan atas serangan yang diluncurkan, artikel tersebut menulis Kota Aghdam layaknya “Hiroshima” di Kaukasus Selatan. Aghdam merupakan contoh nyata dari agresi dan vandalisme Armenia.

Aghdam adalah salah satu dari tujuh distrik di sekitar wilayah Nagorno-Karabakh Azerbaijan. Kota tersebut diduduki oleh pasukan Armenia pada awal 1990-an.

Pada 11 November, warga Azerbaijan merayakan ‘Hari Kemenangan’, setelah bentrokan sengit dengan Armenia berakhir. Akhir bentrokan ini terjadi setelah perjanjian gencatan senjata yang ditengahi Rusia diumumkan.  

__Posted on
__Categories
Republika, Umum