Hitung Ulang, Biden Dipastikan Menang di Georgia

PRESIDEN terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dipastikan menang di Georgia, seusai negara bagian itu menggelar penghitungan ulang.

Biden memenangkan 16 suara electoral college bagian dari kemenangannya, dengan skor 306-232. Capaian itu menjadikannya kandidat Partai Demokrat pertama yang berhasil mengambil alih negara bagian, setelah Bill Clinton pada 1996.

Associated Press menyerukan pertarungan seusai penghitungan ulang. Menurut pejabat pemilihan hal itu menegaskan kembali kemenangan Biden, lebih dari dua pekan pascapemilu.

Baca juga: Jajak Pendapat: Dunia Arab Pilih Biden Ketimbang Trump

Penghitungan ulang tersebut membuat para pejabat di empat wilayah menemukan sekitar 5.800 suara. Akibatnya, Trump mendapatkan sekitar 1.400 suara lebih dekat dengan perolehan Biden, namun tetap kalah.

Menteri Luar Negeri Georgia Brad Raffensperger menilai perbedaan suara milik Trump karena kesalahan manusia. Menurutnya, tidak ada bukti kecurangan atau praktik penipuan.

“Audit bersejarah pertama di Georgia menegaskan kembali bahwa sistem pemungutan suara yang baru di negara bagian, secara akurat menghitung dan melaporkan hasil,” jelas Raffensperger.

Baca juga: Ajak Warga AS Pilih Biden, Obama Lakukan Kampanye Unik

Juru bicara kampanye Biden, Jaclyn Rothenberg, menyebut proses penghitungan ulang menegaskan kembali apa yang diketahui semua pihak. Bahwa, warga di Georgia mayoritas memilih Biden sebagai Presiden AS.

“Kami berterima kasih kepada pejabat pemilu, relawan dan pekerja yang lembur. Ini keadaan yang belum pernah terjadi. Untuk menyelesaikan penghitungan ulang, bentuk layanan publik terbaik,” tutur Rothenberg.(Guardian/OL-11)

__Posted on
__Categories
MediaIndonesia, Umum