Hiu Putih Bermata Satu Ditemukan di Perairan Maluku

NELAYAN di Perairan Maluku dihebohkan penemuan hiu putih bermata satu di dalam perut hiu besar yang mati terperangkap di jaring ikan. Pada saat hiu besar itu dibedah untuk dikeluarkan isi perutnya, para nelayan terkejut menemukan hiu putih kecil tersembunyi di dalamnya.

Bayi hiu itu memiliki satu mata besar di tengah dahinya bersama tubuh berwarna putih susu dan sirip yang berbentuk sempurna. Diyakini induk hiu sedang hamil dan membawa janin langka saat terperangkap di jaring.

Baca juga: Hiu Albino Langka Ditemukan di Perairan Inggris 

“Kami menemukan tiga bayi di dalam perut hiu, tetapi salah satunya tampak aneh dengan hanya satu mata, warnanya juga aneh seperti susu,” kata salah seorang nelayan, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (17/10/2020).

Bayi hiu putih bermata satu ditemukan di Perairan Maluku. (Foto: ViralPress/The Sun)

Para nelayan yang berada di kapal melaporkan tangkapan aneh mereka ke kantor kelautan setempat sebelum menyerahkan bayi hiu putih bertmata satu itu untuk diuji.

“Makhluk itu sudah mati saat ditemukan,” jelas sang nelayan.

Baca juga: Hiu Putih Raksasa Berusia 50 Tahun Ditemukan di Pantai Kanada 

Kondisi hiu tersebut dikenal sebagai cyclopia yakni kelainan bawaan langka yang ditandai dengan kegagalan bagian depan otak untuk membagi orbit mata menjadi dua rongga. Ini terjadi dalam spektrum cacat otak dan wajah yang dikenal sebagai holoprosencephaly, dalam kasus parah dapat menyebabkan keguguran atau lahir mati.

Ini bukan pertama kalinya hiu bermata satu muncul. Pada 2011 dilaporkan salah satu makhluk yang sangat langka ditemukan di dalam rahim seekor banteng di Teluk California.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply