In Picture: Tim DMC DD Terjun Mencari Sumber Air Bersih di Gua Macanmati

.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Dompet Dhuafa melalui unit Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bantu sediakan air bersih bagi warga Dusun Macanmati, Girimulyo, Panggang, Gunung Kidul Selasa (4/5/2021). Adapun ini merupakan agenda program Air untuk Kehidupan (AUK) Dompet Dhuafa, dengan menyediakan akses sanitasi air bagi warga.

Bersama dengan relawan dan warga setempat, tim melakukan peninjauan untuk mencari sumber air bersih terdekat. Kemudian tim menemukan ada sumber air di Goa Macanmati dengan mulut gua yang sempit, tim bersama warga bergotong royong untuk mensusuri gua. Setelah melakukan berbagai kajian dan koordinasi, tim memasang mesin air dan pipa paralon untuk mengalirkan air ke titik penampungan air.

“Alhamdulillah jadi lebih memudahkan akses untuk ambil air sekarang, sehingga warga maupun seperti kami ini tidak harus berjalan jauh menuju sumber mata air terlebih kami sudah lansia ini yang sudah tidak mempunyai tenaga lebih untuk mengangkut air dari sumber mata air,”ujar Mbah Margo salah seorang warga setempat.

Tim juga menyediakan dua penampung air, masing-masing penampung mampu menyimpan 5.000 Liter air. Setelah air dikumpulkan di tandon kemudian akan disalurkan menuju masing-masing RT. Tercatat ada sembilan (9) RT dengan total 255 Kepala Keluarga yang terdiri dari 1193 Jiwa.

“Alhamdulillah program Air Untuk Kehidupan yang dilakukan oleh DMC Dompet Dhuafa sudah hampir selesai dilakukan. Program air yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Dusun Macanmati, karena selalu kesulitan air. InsyaAllah porgram ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana,” terang Ustaz Herman Budianto selaku General Manager Pendidikan dan Budaya Dompet Dhuafa seusai pertemuan dengan warga Macanmati. 

__Posted on
__Categories
Republika, Umum