Ini Penjelasan Sony soal PS4 dan PS5 Bisa Rekam Suara Pemainnya

HADIRNYA fitur baru di konsol game Sony PlayStation 4 dan 5 berupa perekaman suara obrolan pemain ternyata menuai kontroversi. Beberapa orang berpikir bahwa ini berarti Sony bisa merekam semua suara obrolan pemain PS4 dan PS5, meskipun tujuannya untuk moderasi atau penghindaran tindakan tidak terpuji.

Menanggapi kontroversi tersebut, pihak Sony langsung melakukan klarifikasi. Mereka menyatakan fitur baru itu tidak akan otomatis merekam suara obrolan para gamer. Kemudian tidak semua obrolan suara akan direkam.

Baca juga: Sony Bisa Rekam Suara Pemain PS4 dan PS5 untuk Tujuan Keamanan 

Sebaliknya, pemain PS4 dan PS5 yang mengalami hal-hal kurang terpuji melalui obrolan suara saat bermain game memiliki opsi melaporkan pemain lain. Itu pun hanya dalam bentuk rekaman 5 menit terakhir.

“Setelah konsol PS5 diluncurkan, jika pemain PS5 perlu mengajukan laporan pelecehan, mereka akan dapat menyertakan klip Obrolan Suara (Voice Chat) berdurasi hingga 40 detik dalam laporan mereka, 20 detik percakapan utama dengan pemain lain, ditambah 10 detik tambahan sebelum dan sesudah pemilihan percakapan. Hanya 5 menit terbaru dari Obrolan Suara yang akan tersedia untuk digunakan pemain untuk fungsi pelaporan ini,” jelas pihak Sony, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (17/10/2020).

PS5. (Foto: Twitter @Nibellion)

Sebelumnya pemain PS4 yang mengunduh pembaruan versi 8.0 mendapat kejutan. Mereka menerima pesan yang menyatakan Sony dapat merekam suara pemain untuk tujuan moderasi atau penghindaran tindakan kurang terpuji. Ternyata hal ini juga diterapkan di konsol PS5 yang akan dirilis November mendatang.

Baca juga: Ini 10 Game PS4 yang Tidak Bisa Dimainkan di PS5 

“Setelah pembaruan ini pemain akan melihat pemberitahuan tentang Party Safety dan obrolan suara dapat direkam. Rekaman obrolan suara untuk moderasi adalah fitur yang akan tersedia di PS5 saat diluncurkan, dan akan memungkinkan pemain merekam obrolan suara mereka di PS5 dan mengirimkannya untuk tinjauan moderasi. Pemberitahuan yang muncul di PS4 sekarang untuk memberi tahu bahwa saat Anda berpartisipasi dalam obrolan dengan pemain PS5 (pasca-peluncuran), mereka dapat mengirim rekaman tersebut dari konsol PS5 mereka ke SIE,” jelas pihak Sony, seperti dikutip dari The Verge.

Melalui obrolan suara, bahkan di PS4 yang lebih lama, suara pemain dapat direkam lalu dikirim ke Sony untuk tujuan moderasi. Fitur ini dimaksudkan untuk membantu pemain melaporkan jika ada orang lain yang menggunakan kata-kata tidak pantas atau melecehkan.

(han)

__Posted on
__Categories
Infotek, Okezone

Leave a Reply