Joan Mir Jadi Juara MotoGP dengan Perolehan Poin Paling Sedikit

PORTIMAO – Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 telah resmi berakhir seiring dengan selesainya Grand Prix Portugal di Sirkuit Portimao. Dalam edisi musim ini, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tampil sebagai juara dunia.

Mir sebenarnya gagal finis dalam gelaran MotoGP Portugal 2020. Namun hal itu tetap tidak menggoyangkan posisi Mir di puncak klasemen. Sebab, pembalap 23 tahun tersebut sudah menyegel gelar juara sejak akhir pekan lalu di MotoGP Valencia 2020.

Mir dipastikan meraih gelar juara dengan raihan poin 171. Dengan demikian, maka Mir kini menjadi pembalap dengan perolehan poin paling sedikit yang berhasil meraih gelar juara dunia di era MotoGP.

Baca juga: Klasemen Akhir MotoGP 2020: Valentino Rossi Jalani Musim Terburuk

Joan Mir

Hal ini terjadi karena tak lepas dari sedikitnya seri balapan yang dilangsungkan musim ini jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di MotoGP 2020, tercatat hanya diselenggarakan 14 seri balapan.

Pada awalnya, kalender MotoGP 2020 sebenarnya memiliki jadwal untuk menggelar 20 seri balapan. Akan tetapi, pandemic Virus Corona (Covid-19), membuat penyelenggaraan kejuaraan harus tertunda.

Pada akhirnya, MotoGP 2020 hanya diselenggarakan di Eropa demi menjaga kesehatan semua pihak. Seri balapan yang pada awalnya 20 itu pun dipangkas menjadi 14, mengingat keterbatasan waktu yang tersedia juga.

__Posted on
__Categories
Okezone, Olahraga